Tips Produktif Setiap Hari

tips produktif

Ingin menjadi pribadi yang sukses dalam hal tertentu? Salah satunya yaitu dengan menjadi manusia yang produktif. Orang sukses dan produktif memiliki kebiasaan positif yang dapat mendorong semangat hidup mereka demi mencapai target yang diinginkan. Meskipun begitu, terkadang cukup sulit untuk menemukan cara menjadi produktif agar menjadi pribadi yang sukses. Tetapi, untuk mendorong semangat kamu, berikut ini ada kiat-kiat yang bisa dipraktekkan agar kamu menjadi orang yang produktif sekaligus sukses dalam mencapai keinginanmu. Berikut tips produktif setiap hari.

1. Tidak bermain hp dipagi hari

Tidak bermain hp di pagi hari


Mengapa dianjurkan agar kita tidak bermain hp dipagi hari? Karena ketika kita melihat hp pastinya tidak terlepas dengan notifikasi media sosial, pesan email, hingga berita negatif. Rangsangan eksternal ini menarik perhatian. Sehingga, kalian tidak diberi waktu dan ruang untuk memulai hari dengan tenang. Apalagi jika kalian langsung membuka media sosial, jika kalian mendapat hal yang membuat kalian badmood, maka akan terus terbawa hingga satu hari penuh.


2. Tidak menunda – nunda hal penting

Ini adalah salah satu kegiatan yang sering banget disepelekan, ketika ada suatu pekerjaan atau tugas selalu menunda dan memilih untuk rebahan, padahal hal ini sangat fatal apabila dilakukan secara terus menerus, jika pekerjaan ditunda maka akan menggunung dan pada akhirnya kita malas untuk mengerjakannya, hal ini dapat diatasi dengan membuat skala prioritas.


3. Mengerjakan hal – hal berdasarkan skala prioritas

Banyaknya tugas dan pekerjaan membuat kita malas untuk mengerjakannya, maka dari itu hal untuk mengatasi kejadian ini dapat kita atasi dengan metulis tugas dan dateline tugas tersebut, kita urutkan sesuai waktu, tingkat kesuitan, dan yang kita sukai. Dari sini lah kita bisa mengerjakan secara runtut dan tidak membingungkan.


4. Olahraga rutin

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang penting untuk hari kita, terkadang kita terlalu sibuk mengerjakan pekerjaan hingga lupa tidak berolahraga, olahraga sangat penting untuk tubuh kita. Tujuan olahraga adalah untuk meningkatkan kesehatan pada seseorang, memperbaiki serta meningkatkan kinerja otak manusia sehingga dapat bekerja dengan maksimal. Usahakan minimal 15 – 30 menit dalam sehari.

Lakukan olahraga rutin


5. Membuat schedule harian

Membuat schedule harian adalah salah satu hal yang dapat membatu kalian untuk mengerjakan kegiatan yang harus kalian kerjakan di hari itu, sehingga kalian dapat melihat kegiatan apa saja yang sudah dikerjakan dan belum, kalian dapat menulis schedule tersebut di suatu buku khusus atau cukup di selembar kertas kemudian diberi judul dengan “ apa yang sudah aku kerjakan hari ini “ bukan “ apa yang harus aku kerjakan hari ini “mengapa seperti itu ? karena dengan menggunakan kata apa yang sudah kita kerjakan hari ini kita akan lebih mudah untuk mengapresiasi diri kita sendiri, namun jika menggunakan kata apa yang harus aku kerjakan, ketika ada suatu pekerjaan yang belum terselesaikan kita akan menyalahkan diri kita sendiri dan pada akhirnya kita tidak bersemangat mengerjakan kegiatan di kemudian hari.

Membuat schedule harian


6. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup tidak kalah pentingnya dengan lima poin diatas, karena jika kita kekurangan istirahat maka otak kita akan mengalami kelelahan dan tidak dapat berfikir secara baik, yang nantinya akan menghambat pekerjaan kita sendiri, maka dari itu pentingya kita untuk beristirahat yang cukup di setiap harinya. Untuk usia 6 – 13 tahun ( 9 – 11 jam / hari ), 14 – 17 tahun ( 8 – 10 jam/hari). 18 – 25 tahun ( 7 – 9 jam / hari ) 26 – 64 tahun ( 7 – 9 jam / hari ). Dan luangkan untuk tidur siang setidaknya 60 menit, agar tubuh kalian siap melakukan kegiatan selanjutnya.

Istirahat yang cukup

6 poin diatas adalah beberapa tips produktif setiap hari, namun pastinya harus mengenai diri kalian agar dapat memahami hal yang terbaik untuk diri sendiri agar dapat melakukan dengan bahagia.

Bagikan:

%d blogger menyukai ini: