Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) yang Baik

Cara Membuat CV

Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu alat terpenting dalam mencari lowongan kerja. Curriculum vitae atau yang lebih dikenal dengan sebutan daftar riwayat hidup merupakan informasi diri dari pencari kerja. Dalam hal ini, daftar riwayat hidup mencangkup banyak hal yang diantaranya adalah nama, tempat tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya. CV adalah adalah gambaran singkat tentang kualifikasi, background pendidikan, pengalaman kerja, dan prestasi Anda yang membantu Anda menarik perhatian calon pemberi kerja.

Membuat CV tidak boleh asal-asalan. Sebab, itu yang pertama kali menjadi perhatian HRD. Jadi meskipun Anda membuat CV yang menarik tapi isinya banyak yang tidak benar, maka perusahaan akan menganggap Anda berbohong atau mengarang data diri. Buatlah CV yang benar dan jujur, tidak perlu melebih-lebihkan sesuatu yang tidak Anda miliki.

Berikut ini cara membuat CV yang baik dan dan benar:

1. Pilihlah format yang paling sesuai dengan situasi dan pengalaman Anda. Ada beberapa format CV yang umum digunakan, termasuk kronologis (urut berdasarkan waktu), fungsional (berfokus pada keterampilan dan pengalaman relevan), dan kombinasi (gabungan antara kronologis dan fungsional). 

2. Informasi kontak Anda harus terletak di bagian paling atas CV. Ini harus mencakup nama lengkap Anda, alamat email, nomor telepon, dan alamat tempat tinggal Anda (opsional). Pastikan informasi kontak Anda mudah dibaca dan dapat diakses oleh pemberi kerja potensial.

3. Tambahkan ringkasan profesional singkat atau tujuan karier di bagian atas CV Anda. Ini memberikan gambaran singkat tentang siapa Anda dan apa yang Anda cari dalam karier Anda. Pastikan untuk menyesuaikan ringkasan ini dengan pekerjaan yang Anda lamar.

4. Berikan informasi tentang riwayat pendidikan Anda, termasuk gelar yang diperoleh, nama institusi pendidikan, lokasi, dan tahun kelulusan. Urutkan informasi ini secara kronologis, dimulai dari pendidikan tertinggi Anda.

5. Daftar pengalaman kerja Anda secara kronologis, dimulai dari pekerjaan yang paling baru. Untuk setiap posisi, berikan detail tentang peran dan tanggung jawab Anda, prestasi yang dicapai, dan keterampilan yang diperoleh.

6. Sertakan bagian keterampilan di CV Anda, baik itu keterampilan teknis maupun soft skills. Ini bisa mencakup keterampilan bahasa, keterampilan komputer, keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan lain-lain.

Pastikan untuk menyesuaikan keterampilan Anda dengan kebutuhan pekerjaan yang Anda lamar, Karena ini akan menjadi poin plus dalam mendapat lowongan kerja.

7. Jika relevan, tambahkan bagian tentang kegiatan ekstrakurikuler, proyek, atau penghargaan yang Anda terima. Ini dapat memberikan wawasan tambahan tentang kepribadian, minat, dan prestasi Anda di luar ruang kelas atau tempat kerja.

8. Sertakan daftar referensi jika diminta oleh pemberi kerja atau jika Anda merasa perlu. Pastikan untuk mendapatkan izin dari referensi Anda sebelum menyertakan informasi kontak mereka di CV Anda.

9. Gunakan bahasa yang jelas, singkat, dan profesional. Lalu gunakan format dan tata letak yang konsisten dan mudah dibaca. 

10. Periksa ejaan dan tata bahasa dengan cermat sebelum mengirim CV Anda. Dengan membuat CV yang baik dan benar akan membantu Anda bersaing dalam pasar kerja yang kompetitif. Jangan ragu untuk meminta masukan dari orang lain untuk meningkatkan CV Anda. Selain itu, cobalah untuk mencari referensi CV di internet untuk membantu Anda membuat CV yang menarik.

Dan jadikan Artikel ini “Cara membuat CV” sebagai referensi Anda dalam menyusun CV.

Dengan banyaknya lowongan kerja di luar sana, cobalah untuk melamar pekerjaan dengan CV sudah Anda buat sebaik mungkin. 

Bagikan:

Picture of Yupi

Yupi

Freelancer Fulltime asal surabaya, Desain Logo, Web Development dan Digital Marketing, jangan lupa main ke Birdy Studio Tuk melihat apa yang sedang kami kerjakan
Picture of Yupi

Yupi

Freelancer Fulltime asal surabaya, Desain Logo, Web Development dan Digital Marketing, jangan lupa main ke Birdy Studio Tuk melihat apa yang sedang kami kerjakan
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.