Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa

Bulan ramadhan

Nggak lama lagi kita bakal memasuki bulan ramadhan. Bulan di mana dalam satu bulan penuh kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah yang namanya puasa. Semua umat islam pasti bersuka cita menyambut bulan ramadhan ini. Biasanya orang lebih banyak melakukan ibadah di bulan ini. Selain pola ibadah yang harus semakin meningkat ada hal lain juga yang nggak kalah penting yang harus berubah dan selalu harus kita jaga yakni pola makan. Untuk 30 hari spesial ini nggak ada salahnya kan kalian mempersiapkam menu terbaik untuk keluarga tercinta. Nah kali ini kita akan membagikan tips menjaga kesehatan selama berpuasa, agar buka puasamu lebih sehat dan energi di dalam tubuhmu tetap terjaga meski berpuasa sebulan penuh:

1. Awali buka puasamu dengan minum air putih

Berbukalah dengan minum air putih

Pilihlah air putih untuk mengawali buka puasamu setiap harinya. Selain agar tidak dehidrasi minum air putih juga baik untuk menjaga kesehatann pencernaanmu. Air sebagai penghantar nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh .

2. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis

Kurangi konsumsi makanan manis

Menjelang buka puasa kita paling sering dihadapkan dengan makanan dan minuman manis baik yang dijual di pinggir jalan, pasar atau bazar makanan sejenisnya hingga kita bisa kalap membeli semuanya. Padahal setelah suara adzan magrib tiba kita hanya sanggup menghabiskan paling tidak segelas es buah atau beberapa potong kue. Boleh memilih makanan dan minuman manis sebagai menu buka puasa tapi jangan sampai berlebih. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung glukosa juga akan buruk bagi kesehatan tubuh. Mungkin paling sering kita dengar penyakit diabetes melitus.

Menurut studi Journal of American Heart Association (2013) bahwa kerja jantung dalam mempompa darah dapat terganggu jika terlalu banyak mengkonsumsi gula di dalam tubuh.

3. Pilihlah buah kurma untuk berbuka puasa

Buah kurma merupakan menu buka puasa yang baik bagi tubuh, karena memang buah kurma ini merupakan sumber gula alami dengan segudang manfaat. Jadi nggak heran ya kalo buah kurma menjadi buah yang direkomendasikan untuk menu pembuka buka puasa ya.

Berbukalah dengan buah kurma

4. Perbanyak makan sayuran

Sejak kecil kita sudah sering banget kan ya dibilangin orang tua kalo sayur itu sehat. Yups sayur itu kaya akan kandungan vitamin, mineral dan serat serta rndah kalori. Selain itu sayuran juga dapat membantu memperlancar pencernaanmu. Sayur juga bisa dijadikan sumber energi lho. Jadi jangan takut makan sayur lagi ya!

Perbanyak makan sayur

5. Hindari makan dengan terburu-buru

Biasanya orang akan makan dengan terburu-buru saat berbuka puasa maupun saat sahur. Orang dalam keadaan terburu-buru akan menguyah makanannya dengan cepat sehingga makanan yang dikunyahpun masih belum halus atau masih dalam bentuk potongan yang cukup besar. Alhasil makanan tadi bisa menyangkut ditenggorokan atau kita sebut dengan tersedak. Hal ini juga harus dihindari. Bukan hanya saat bulan puasa saja namun dalam sehari-haripun usahakan makanlah dengan santai.

Jangan makan dengan terburu-buru

itulah tips menjaga kesehatan selama berpuasa dari kami. Yuk semangat puasanya jangan kasih kendor!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.