7 Tips Memilih Buah Segar dan Matang Saat Berbelanja

Tips memilih buah segar

Buah adalah salah satu bahan pokok yang sangat penting untuk kebutuhan vitamin harian. Oleh karena itu tak jarang, orang-orang sering memasukkan buah ke dalam daftar belanja mereka. Salah satu kendala yang sering dialami ketika membeli buah adalah tidak bisa memilih buah yang matang. 

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi menarik mengenai 7 tips memilih buah segar dan matang saat berbelanja. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya! 

1. Cek Kesegaran Buah 

Tips memilih buah segar

Yang pertama harus dilakukan adalah lebih dulu cek kesegaran buah yang akan kamu pilih atau beli. Kamu bisa lebih dulu memeriksa kesegaran buah dengan melihat fisiknya. Buah yang segar, biasanya juga memiliki kulit buah yang mengkilap dan tidak terlihat rusak. Jangan membeli buah yang terlihat sudah lembek atau busuk. Karena buah yang lembek dan mendekati busuk tentu juga akan mempengaruhi rasanya, karena tidak lagi segar. 

2. Periksa Tekstur Buah 

Yang kedua adalah jangan lupa untuk memeriksa tekstur buah. Tekstur dari buah yang segar dan juga matang, biasanya akan memiliki tekstur halus dan kenyal. Jangan memilih buah yang memiliki tekstur terlalu lembek atau keras, karena itu menandakan bahwa buah terlalu matang atau belum matang sempurna. 

Untuk bisa tahu tekstur buah kamu bisa menekannya secara perlahan ya. Jika terasa empuk tapi tidak lembek, dan kulit luarnya halus maka kemungkinan buah itu sudah matang. 

3. Pilihlah Buah yang Warnanya Cerah 

7 tips memilih buah segar dan matang saat berbelanja yang ketiga adalah memilih buah yang memiliki warna yang cerah. Buah yang matang dengan sempurna biasanya tidak kusam. Kamu bisa memilih buah yang terlihat orange, merah, kuning, atau hijau cerah tergantung pada jenis buah yang ingin kamu beli. 

4. Periksa Ukuran Buah 

Selanjutnya periksa ukuran buah yang hendak kamu beli, ukuran buah ini bisa menandakan matang atau tidaknya buah. Pilihlah buah dengan ukuran standar, sesuai dengan jenis buah yang kamu beli. Buah yang terlalu kecil bisa menandakan bahwa buah tersebut belum matang, sedangkan buah terlalu besar bisa menandakan bahwa buah tersebut melebihi masa panen. 

5. Perhatikan Aroma Buah 

Hal paling mudah untuk menentukan apakah buah itu matang atau tidak adalah dengan memperhatikan aroma buah. Buah yang matang umumnya memiliki aroma yang segar dan harum. Hindari untuk memilih buah yang aromanya kurang kuat atau yang berbau tidak sedap atau busuk. 

6. Pilih Buah yang Berat 

Next, dalam memilih buah yang segar kamu juga harus memperhatikan berat buah tersebut. Buah yang matang dengan sempurna akan lebih berat jika dibandingkan dengan buah yang belum matang. Pilihlah buah yang terasa berat ketika diangkat. 

7. Periksa Kesatuan Buah 

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan ketika memilih buah yang segar dan matang adalah dengan memeriksa kesatuan buahnya. Hindari untuk memilih buah yang terbelah atau terpisah dari bagiannya karena ini menandakan bahwa buah tersebut tidak segar atau bahkan rusak. Sebisa mungkin memilih buah yang utuh, karena itu adalah tanda bahwa buahnya segar.

Nah sekarang memilih buah yang segar dan matang tidak lagi susah kan? Kamu bisa mempraktekkan tips yang kami berikan tadi ketika berbelanja buah di pasar atau minimarket. Itulah 7 tips memilih buah segar dan matang saat berbelanja, semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu semuanya ya! 

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.