10 Makanan Khas Indonesia Terlezat yang Wajib Kamu Coba!

makanan khas indonesia

Indonesia merupakan negara yang dikenal memiliki keanekaragaman budaya dan kuliner. Mulai dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki berbagai macam makanan khas yang lezat dan menarik untuk kamu coba. Berikut ini adalah 10 makanan khas Indonesia terlezat yang wajib kamu coba:

1. Nasi Goreng

Makanan pertama yang wajib kamu coba adalah nasi goreng. Nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara. Olahan nasi yang digoreng dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia ini sangat populer, bahkan kitab isa menemuinya dengan sangat mudah. Kamu juga bisa membuatnya di rumah, dengan menambahkan ayam, telur, udang, atau bahan lainnya sesuai dengan selera.

2. Rendang

Yang selanjutnya ada rendang daging, masakan asli Minangkabau ini menggunakan bahan dasar daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Indonesia. Cita rasanya yang kuat dan pedas, membuat Rendang menjadi salah satu masakan terlezat di Indonesia.

3. Gado-Gado

Sudah tidak asing dengan makanan ini bukan? Gado-Gado adalah salad sayuran yang dicampur dengan bumbu kacang dan kerupuk. Biasanya gado-gado juga diberi tambahan tahu, tempe, dan lontong sebagai pelengkap.

4. Soto

Soto mirip dengan sup ayam tapi bahannya menggunakan rempah-rempah khas Indonesia. Soto biasanya disajikan dengan nasi atau ketupat, lengkap dengan irisan daging, telur, dan bahan lainnya. Jenis soto di Indonesia ini beragam sekali ya, mulai dari soto daging, soto ayam, soto kudus, soto lamongan, soto banjar, dan masih banyak lagi yang lainya.

5. Sate

10 makanan khas Indonesia terlezat yang wajib kamu coba selanjutnya adalah sate. Sate adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari daging ayam, sapi, kambing, atau babi dan dipanggang kemudian disajikan dengan bumbu kacang. Makanan ini sangat populer di Indonesia dan bisa kita temukan dengan mudah di seluruh Indonesia.

6. Nasi Uduk

Nasi uduk adalah olahan nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Nasi uduk ini biasa nya disajikan dengan lauk pauk lain seperti ayam goreng, tempe goreng, dan sambal.

7. Bakso

Siapa sih yang tidak mengenal Bakso? Bakso adalah bola daging yang terbuat dari daging sapi atau ikan yang diolah menggunakan bumbu-bumbu khas Indonesia. Bakso biasanya disajikan dengan kuah kaldu, mie, lontong. Bakso ini cocok banget untuk dimakan waktu hujan ya!

8. Rujak

Rujak merupakan campuran dari buah-buahan segar kemudian dituang saus bumbu pedas manis khas Indonesia. Rujak biasanya juga disajikan dengan kerupuk dan bahan tambahan yang lainnya. Jenis rujak pun juga beragam ya, mulai dari rujak buah hingga rujak cingur!

9. Ayam Penyet

Ayam penyet merupakan olahan ayam goreng yang biasanya disajikan dengan sayur mentah sebagai lalapan, ditambah dengan nasi dan sambal terasi atau jenis sambal lainnya yang pedas.

10. Nasi Pecel

Nasi pecel merupakan salah satu makanan khas Jawa yang disajikan dengan pecel. Pecel sendiri adalah rebusan kangkung, kacang panjang, papaya, tauge, bunga turi dan dicampur dengan sambal kacang. Nasi pecel kerap disajikan dengan tambahan tempe goreng, mendoan, kerupuk, atau rempeyek. Hidangan yang satu ini sangat populer di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Fun fact, nasi pecel merupakan makanan sehari-hari masyarakat di Pulau Jawa karena rasanya yang khas, murah, dan mudah ditemukan.

Itulah 10 makanan khas Indonesia terlezat yang wajib kamu coba ya! Nikmatilah keanekaragaman kuliner khas Indonesia dan jangan ragu untuk mencoba makanan khas Indonesia yang belum kamu coba.

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.