Tips Mengatasi Overthinking

mengatasi overthinking

Overthinking adalah menggunakan terlalu banyak waktu untuk memikirkan suatu hal dengan cara yang merugikan serta overthinking dapat berupa ruminasi dan khawatir yang berlebihan. Ruminasi merupakan kecenderungan untuk terus memikirkan hal yang telah berlalu. Sedangkan khawatir adalah kecenderungan memikirkan prediksi yang negatif. Hal ini cukup mengganggu rutinitas seseorang dan salah satunya contoh nya overthinking misal nya:

Ketika sesorang berusaha terus-menerus mencoba memprediksi apa yang orang lain pikirkan tentangnya,

Berikut tips mengatasi overthinking:

1. Tenangkan diri dari pikiran yang menganggu

Terkadang sesuatu hal yang menggangu kalian berfikir adalah pertanyaan – pertanyaan yang terlintas dipikiran kalian ataupun yang datang dari luar yang pada akhirnya dapat membuat kita resah dan takut. Disinilah saatnya untuk menenangkan diri, jangan tepancing dan tetap fokus pada tujuan utama.


2. Percaya bahwa kamu tidak sendirian

Terkaang kita merasa khawatir jika tidak memiliki teman, sendirian menjalani hidup, serta kita adalah salah satu orang yang memiliki masalah dalam kehidupan. Jika kalian merasa khawatir akan hal itu maka selalu ingatlah bahwa kamu tidak sendiri, masih banyak orang diuar sana yang sama sepertimu bahkan lebih darimu, namun kalian harus selalu ingat bahwa setiap masalah pasti terdapat solusi dan Tuhan pasti akan membantu.


3. Sadari bahwa tidak ada yang tahu apa yang terjadi di masa depan

Masa depan adalah suatu hal yang tidak seorang pun yang mengetahuinya, masa depan adalah hasil dari apa yang kita kerjakan hari ini, masa depan adalah rahasia Tuhan yang telah ditentuka, maka dari itu jangan pernah takut akan masa depanmu nanti fokuslah pada dirimu dan keluargamu serta berdoa kepada Tuhan.


4. Percaya bahwa kamu mampu melaluinya

Jika kalian dialanda perasaan “ apakah aku bisa melakukan hal ini ? “ cobalah untuk mengingat kembali cobaan dan masalah apa yang datang pada kalian, yang kalian anggap tidak mampu menjalani namun ternyata kalian masih bertahan hingga kini? Itu semua bukan sulap maupun sihir, namun itu adalah hasil kerja kalian yang dibantu oleh Tuhan hingga mudah untuk kalian lalui, maka dari itu setiap menghadapi masalah yakin lah bahwa “ aku pasti bisa “.

5. Melatih mindfulness

Mindfulness merupakan meditasi yang melatih seseorang untuk fokus terhadap situasi sekitar. Meditasi mindfulness ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, bagi untuk kesehatan fisik, maupun kesehatan mental. Hal ini dapat membantu kalian untuk berpikir secara baik dan fokus terhadap kondisi yang dialami agar tidak mudah terpancing kondisi diluar nalar kita. Mindfulness dapat dilakukan dengan enam cara, yaitu :
– Menikmati proses makan
– Berjalan kaki
– Melihat langit malam
– Tenang dan kendalikan diri
– Menggambar dan mewarnai
– Meditasi

Lakukan meditasi

Hal ini dapat diakukan rutin dan bisa mejadi kebiasaan dalam setiap hari, ke – enam cara tersebut akan berpengaruh pada kita nantinya bila diakukan dengan baik dan rutin.


6. Fokus pada saat ini

Memikirkan masa depan bukanlah hal yang buruk, malah dapat menjadikan kita bersemangat untuk melakukan aktifitas untuk masa depan, namun yang berbahaya ketika kita terlalu memikirkan masa depan dan takut dengan kegagalan serta tidak menyiapkan mental ketika impian tersebut belum tercapai, hal ini lah yang mengakibatkan otak kita berpikir keras memikirkan ketakutan – ketakutan yang akan terjadi, atau bahkan kita takut akan kegagalan. Hal tesebut sebaiknya kita singkirkan dari pikiran kita karena dapat mempengaruhi hidup kita nantinya. Yang harus dipikirkan adalah “ aku harus siap menghadapi segala suatu keputusn natinya “ bukan “ bagaiman kalau nanti aku gagal “.

Fokus pada saat ini

Enam poin diatas adalah tips menghadapi overthinking yang sering menjadi topik utama pemasalahan di masa kini, maka dari itu jangan telalu khawatir akan jalan kehidupan kita, kita hanya dapat berusaha dan sisa nya kita pasrahkan kepada Tuhan yang menetukan.

Bagikan:

Picture of Arum

Arum

Picture of Arum

Arum

hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.