Panduan Tata Cara Wudhu yang Benar Lengkap dengan Bacaannya

tata cara wudhu

Wudhu adalah ritual penting dalam agama Islam yang dilakukan sebelum melaksanakan shalat. Wudhu adalah salah satu dari syarat sahnya shalat, sehingga penting bagi umat Muslim untuk mengetahui tata cara yang benar dalam melaksanakannya. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang tata cara wudhu yang benar lengkap dengan bacaannya.

Tata Cara Wudhu:

1. Niat

Sebelum memulai wudhu, niatkan dalam hati untuk membersihkan diri dari hadas kecil dengan tujuan melaksanakan ibadah wudhu.

نَوَيْتُ الْوُضُوءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْأَصْغَرِ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu al-wudhu’a li-rafi’il-hadatsi al-asghari fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat wudhu untuk mengangkat hadas kecil, wajib karena Allah Ta’ala.”

2. Membasuh kedua telapak tangan

Mulailah dengan membaca “Bismillah” (Dengan menyebut nama Allah) kemudian basuh kedua telapak tangan hingga pergelangan tangan sebanyak tiga kali.

3. Berkumur-kumur

Kemudian berkumur-kumur sebanyak tiga kali, memastikan air mencapai seluruh bagian mulut.

4. Membasuh hidung

Masukkan air ke dalam hidung (Istinsyaq) dengan tangan kanan, kemudian keluarkan dengan tangan kiri, lakukan ini tiga kali.

5. Membasuh wajah

Basuhlah wajah dari ujung rambut hingga bawah dagu, dan dari telinga kanan hingga kiri. Lakukan ini tiga kali.

6. Membasuh kedua lengan hingga siku

Mulai dari tangan kanan, basuh hingga siku, kemudian lakukan hal yang sama untuk tangan kiri. Ulangi tiga kali.

7. Mengusap kepala

Usaplah tangan basah di atas kepala dari depan hingga belakang, kemudian balikkan tangan dan usap kepala dari belakang ke depan. Lakukan sekali.

8. Membasuh kedua telinga

Masukkanlah jari telunjuk ke dalam lubang telinga sambil mengusap bagian luar telinga dengan ibu jari. Lakukan ini sekali.

9. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki

Mulai dari kaki kanan, basuh hingga mata kaki. Kemudian lakukan hal yang sama untuk kaki kiri. Lakukan tiga kali.

Doa Setelah Wudhu

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ

وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syarika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu, Allahumma j’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathahiriin.

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci.”

Dengan mengikuti panduan tata cara wudhu yang benar lengkap dengan bacaannya, diharapkan setiap umat Muslim dapat menjalankan ibadah wudhu dengan khusyuk dan penuh keikhlasan. Semoga Allah menerima amalan kita dan menjadikan wudhu kita sebagai penyucian jiwa dan tubuh dari segala dosa dan kotoran.

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.