Syarat dan Cara Daftar Nikah di KUA dan Online Terbaru 2024

cara daftar nikah

Dalam era digital yang semakin canggih seperti saat ini, berbagai proses administrasi pun turut mengalami transformasi, termasuk proses pernikahan. Kementerian Agama Republik Indonesia telah menghadirkan inovasi baru dengan memperkenalkan sistem pendaftaran pernikahan secara online melalui Kantor Urusan Agama (KUA). Melalui platform online ini, proses pernikahan menjadi lebih efisien dan mudah diakses oleh masyarakat. Berikut ini adalah syarat dan cara daftar nikah di KUA dan online terbaru pada tahun 2024.

Syarat Daftar Nikah

1. KTP dan KK

Calon pengantin wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku.

2. Surat Keterangan Belum Menikah

Calon pengantin harus menyertakan surat keterangan dari desa atau kelurahan setempat yang menyatakan bahwa mereka belum pernah menikah.

3. Akta Kelahiran

Dokumen akta kelahiran juga diperlukan untuk melengkapi persyaratan pendaftaran pernikahan.

4. Surat Izin Orang Tua (jika berlaku)

Bagi calon pengantin yang masih di bawah umur (di bawah 21 tahun untuk wanita dan di bawah 25 tahun untuk pria), harus disertakan surat izin dari orang tua atau wali.

5. Pas foto berwarna

Sertakan pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang biru untuk kedua calon pengantin.

6. Biaya Administrasi

Siapkan biaya administrasi sesuai ketentuan yang berlaku di KUA setempat.

Cara Daftar Nikah di KUA secara Online

1. Akses Website Resmi KUA

Pertama-tama, buka website resmi KUA yang menyediakan layanan pendaftaran nikah online. Pastikan untuk mengakses situs yang terpercaya dan sah.

2. Pilih Layanan Pendaftaran Online

Pada halaman utama website, cari opsi atau menu yang menyediakan layanan pendaftaran pernikahan secara online. Klik atau pilih opsi tersebut untuk memulai proses pendaftaran.

3. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah memilih layanan pendaftaran online, calon pengantin akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang disediakan. Pastikan untuk mengisi data dengan benar dan lengkap sesuai dengan dokumen yang dimiliki.

4. Unggah Dokumen Pendukung

Setelah mengisi formulir, selanjutnya calon pengantin diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen pendukung seperti KTP, KK, surat keterangan belum menikah, akta kelahiran, dan surat izin orang tua (jika diperlukan). Pastikan dokumen yang diunggah dalam format yang sesuai dan jelas.

5. Pilih Tanggal dan Lokasi

Setelah dokumen diunggah, pilih tanggal dan lokasi pernikahan sesuai dengan preferensi dan ketersediaan di KUA setempat.

6. Pembayaran Administrasi

Lakukan pembayaran biaya administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pastikan untuk memeriksa jumlah yang harus dibayarkan dan metode pembayaran yang tersedia.

7. Verifikasi Data

Sebelum mengirimkan permohonan, pastikan untuk memeriksa kembali data yang telah diisi dan dokumen yang diunggah. Koreksi jika diperlukan agar tidak terjadi kesalahan.

8. Kirim Permohonan

Setelah yakin semua data telah terisi dengan benar, kirimkan permohonan pendaftaran pernikahan secara online.

Setelah mengirimkan permohonan, calon pengantin akan menerima konfirmasi dari KUA melalui email atau pesan teks yang berisi informasi mengenai status pendaftaran dan petunjuk selanjutnya. Dengan demikian, proses pendaftaran pernikahan di KUA online dapat dilakukan dengan lebih praktis dan efisien tanpa harus mengunjungi kantor secara langsung. Namun, pastikan untuk selalu mematuhi prosedur yang berlaku dan mempersiapkan semua persyaratan dengan baik untuk kelancaran proses pernikahan.

Itulah sedikit informasi mengenai syarat dan cara daftar nikah di KUA langsung maupun secara online. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.