7 Tips Belanja Online Tanpa Takut Kalap

Belanja Online

Hi girls,

Belanja online menjadi kegiatan umum dilakukan pada masa sekarang ini. Perkembangan jaman dan teknologi membuat kita semakin dimudahkan dengan adanya hal-hal baru. Berbagai aplikasi terus dikembangkan tidak hanya sosial media aplikasi berbasis belanja online pun jadi sangat diminati atau disebut dengan marketplace. Selain karena memudahkan proses belanja tanpa harus datang ke tokonya langsung. Kitapun semakin dimanjakan dengan harga barang yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga barang di toko offline. 

Selain itu, jika kalian punya usaha sendiri juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengembangkan usahamu. Selain jangkauan konsumen yang semakin luas kalian pun bisa membuka toko online tanpa harus menyewa toko. Sehingga bisa menghemat dan menekan biaya operasional.  

Berikut beberapa tips belanja online tanpa takut kalap, tetap bisa belanja online tanpa takut kehabisan uang di awal bulan. Yuk simak!

  • Bukalah aplikasi saat kamu butuh membeli sesuatu

Waktu luang bukanlah alasan yang tepat untuk kita membuka aplikasi marketplace jika hanya didasarkan kata-kata “cuma mau lihat-lihat aja kok”. Nyatanya kegabutan justru membuat kita laper mata alias bisa saja membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan saat ini. Sebaiknya hindari membuka aplikasi marketplace jika kita tidak sedang butuh membeli sesuatu di sana.

  • Sesuai kebutuhan

Belanjalah sesuatu yang memang kita butuhkan saat ini. Bukan karena lucu atau akan kita butuhkan 5 tahun mendatang. Jangan mencari alasan untuk tetap membeli barang yang tidak kita butuhkan saat ini.

  • Pertimbangkan harga

Di dalam marketplace kita akan dihadapkan dengan banyak pilihan online shop dan tentunya dengan harga barang yang bervariasi pula. Jangan mudah terkecoh dengan harga yang terlampau murah karena bisa jadi kualitas barang yang ditawarkan juga rendah. Ingat istilah “ada harga ada barang”. Atau kita bisa juga memantau dari ulasan barang tersebut biasanya para pembeli menyertakan foto maupun video nyata dari barang yang mereka terima. Nah di situ kita bisa melihat dan mempertimbangkan kembali barang yang hendak dibeli sudah sesuaikah dengan keinginan kita.

  • Temukan ongkir (ongkos kirim) termurah

Selain beragam online shop bisa kita temukan di marketplace ini, kita juga akan dihadapkan dengan pilihan lokasi toko. Semakin jauh lokasi toko dari lokasimu tentu biaya ongkos kirimnya akan semakin mahal. Usahakan mencari lokasi toko terdekat atau menunggu promo gratis ongkir yang biasanya ada di online shop tertentu.

  • Tetap fokus pada barang yang memang sedang dicari

Sembari mencari barang yang kita butuhkan biasanya akan muncul pula saran barang yang mungkin dulunya pernah kita cari. Ingat jangan terkecoh tetaplah fokus pada barang yang memang kita cari saat ini dan memang kita butuhkan. 

  • Jangan membeli barang yang sama terlalu banyak

Seringkali ketika kita ingin membeli barang di marketplace kita dibuat bingung dengan beberapa pilihan. Misalnya saja pilihan warna yang bisa bikin kita heboh sendiri sampai akhirnya membeli 2 sampai 3 barang yang sama dengan warna yang berbeda. Hal tersebut termasuk pemborosan dan mubazir pada akhirnya. Karena kita tidak mungkin menghabiskan atau menggunakan barang itu dalam satu waktu.

  • Siapkan budget perbulan

Dari ke 6 tips di atas ada satu lagi tips yang tak kalah penting yakni menentukan dan menyiapkan budget perbulan. Hal ini akan membantumu memberi batas atau limit uang yang bisa digunakan untuk berbelanja. Gunakan uangmu sebaik-baiknya.

Itulah beberapa tips berbelanja online tanpa takut kalap yang mungkin bisa kalian coba terapkan saat hendak berbelanja online. Kita memang semakin dimudahkan oleh teknologi tapi bukan berarti kita tidak bisa membatasi nafsu belanja ya. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.