Pastikan 6 Hal ini Sebelum Menikah

6 hal sebelum menikah

Bicara tentang pernikahan rasanya pembahasan ini nggak akan ada habisnya. Karena memang dalam persiapan pernikahan tidaklah mulus. Seringkali calon pengantin bertengkar hebat karena hal kecil sekalipun. Banyak dari pasangan pengantin yang ternyata justru belum yakin dengan pasangannya padahal telah melewati prosesi lamaran atau tunangan. Nah sebelum kalian memutuskan untuk menikahi pasanganmu ada baiknya pastikan 6 hal ini sebelum menikah agar tak jadi masalah di kemudian hari:

1. Pastikan dirimu dan pasangan sudah memiliki visi dan misi yang sama

Visi dan misi yang sama

Dalam setiap pernikahan setiap pasangan pasti menginginkan pernikahan yang membahagiakan. Untuk menggapai bahagia dalam pernikahan terlebih dahulu pastikan bahwa kamu dan calon pasanganmu sudah memiliki visi dan misi dalam pernikahan yang sama. Misalnya ngobrol setelah menikah nanti mau seperti apa, apakah pasanganmu masih boleh berkarier setelah menikah atau harus menjadi 100% ibu rumah tangga. Hal sesimpel itu perlu dibahas diawal sebelum kalian memutuskan untuk menikahi pasanganmu. Karena tak jarang hal simpel justru jadi masalah dikemudian harinya jika tidak dibicarkan di awal.

2. Kemauan untuk selalu saling pengertian

Selalu saling pengertian

Kehidupan pernikahan tidaklah selalu manis tidak selalu bikin kamu senyum sumringah seringkali kalian justru dihadapkan dengan situasi yang justru bikin kalian geleng-geleng kepala melihat tingkah dari pasangan. Karena itulah diperlukan sifat pengertian dan pemakluman yang banyak dari kalian dan juga dari pasangan kalian. Pastikan kalau dalam hubungan kalian sebelum menuju ke tahap tentang pernikahan kalian sudah bisa menyelesaikan masalah diantara kalian berdua dengan kepala dingin tanpa ego dan amarah masing-masing. Agar tidak saling melukai akhirnya.

3. Kenali pasanganmu lebih dalam lagi

Meski telah menjalin hubungan bertahun-tahun tak jarang pasangan pengantin baru justru sering terkaget-kaget dengan tingkah laku pasangannya yang baru ia ketahui setelah menikah dan hidup dalam satu rumah. Ada yang mudah beradaptasi namun ada pula yang justru harus perang dingin dengan pasangannya dengan tidak bicara sedikitpun dengan pasangannya meski dalam satu rumah. Yups itulah pentingnya mengenali pasanganmu sebelum menikah. Meskipun tetap akan banyak hal baru yang kamu ketahui setelah menikah dengannya paling tidak akan ada gambaran sifat asli dari pasanganmu. Dan sifat menerima dan pemakluman yang banyak akan lebih mudah tercipta.

Kenali pasanganmu lebih dalam lagi

4. Bicarakan komitmen

Setiap pasangan tentu punya target-target sendiri. Perlu di sela-sela obrolan ringan kalian membahas tentang komitmen kalian ke depan, Misalnya tahun depan bersiap kuliah lagi atau justru merencanakan pertemuan keluarga. Hal ini agar hubungan kalian lebih terarah dan tidak sia-sia. Dalam arti jangan sampai kalian menunggu orang yang ternyata punya keinginan lain yang tak searah denganmu. Jadi untuk meminimalisir yang namanya patah hati dan juga untuk membuat hubungan kalian lebih jelas pastikan jika kalian sudah punya komitmen ke depan bersama pasangan.

Bicarakan komitmen

5. Komunikasikan apapun dengan pasangan

Komunikasi itu dijaga dirawat dalam proses. Tidak hanya intens di awal hubungan tapi untuk seterusnya. Hubungan tidak akan berlangsung lama jika komunikasi kalian tidak terjaga dengan baik. Tidak harus setiap waktu setiap menit atau setiap detik. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang tercipta secara teratur di kedua belah pihak. Semakin banyak hal yang kalian komunikasikan dengan pasangan itu akan melatih sifat terbuka masing-masing. Dan menciptakan cara komunikasi terbaik dengan pasangan. Misalnya pasangan baru pulang kerja, sebaiknya tidak membahas masalah yang berat terlebih dahulu. Bisa awali obrolan dengan mengingatkan doi untuk tetap makan meski dalam keadaan lelah bekerja sekalipun. Kemudian mengatur jadwal saat weekend untuk bertemu di salah satu cafe favorite kalian. Bicara dalam keadaan tenang dan santai merupakan cara komunikasi yang paling baik.

Komunikasikan apapun dengan pasangan

6. Pastikan telah mengenal keluarga pasangan

Kenali keluarga pasanganmu

Poin terakhir ini seringkali disepelehkan oleh hubungan baru. Padahal saat kalian menikah kalian tidak hanya menikahi pasangan kalian tapi juga menyatukan keluarga kalian dengan keluarga pasanganmu. Keluarganya juga akan jadi keluargamu setelah kalian menikah. Tidak boleh ada kesenjangan sosial di dalam keluarga. Perlakukanlah orang tuanya seperti orang tuamu sendiri. Keluarga sedikit banyak akan jadi influencer terbesar di hubungan kalian. Karena itu sebelum bicara pernikahan sebaiknya pastikan kalian telah dikenalkan dengan keluarganya begitupun sebaliknya. Dan terimalah baik buruknya mereka sebagaimana kamu menerima pasanganmu dengan baik, pastikan 6 hal ini sebelum menikah ya!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.