5 Jenis Kurma Sultan di Dunia

jenis kurma

Bulan ramadhan jadi musim buah kurma dimana-mana. Meskipun nggak mesti di bulan ramadhan buah kurma tetap ada yang jual kok. Tapi di bulan ramadhan penjual buah kurma dimana-mana mulai dari penjual dadakan di pinggir jalan, toko buah, minimarket, supermarket, hingga di bazar makanan pun ada. Well bulan ramadhan seakan menempatkan buah kurma di deretan buah paling banyak dicari. Harganya pun bervariasi dari yang paling murah sampai dengan harga yang termahal atau bisa dikatakan kurma sultan. Ada sekitar 3000 jenis kurma yang merupakan kurma terbaik di dunia. Artikel ini akan mengulas sedikit 5 jenis kurma sultan di dunia!

Buah kurma dan kacang-kacangan

Buah kurma biasanya dijadikan makanan ketika akan berbuka puasa. Dengan harga yang bervariasi kalian bisa memilih mau kurma yang biasa atau kurma sultan. Sesuaikan sama budget aja gimana hihihi. Kali ini kita akan menyajikan informasi tentang 5 jenis kurma sultan di dunia. Yuk langsung aja disimak baik-baik ya!

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa

Kurma ini dianggap sebagai kurma terbaik di dunia bukan harnya karena rasanya manis tetapi juga lembut. Dan jika dibandingkan dengan kurma yang lain kurma ajwa ini dianggap sebagai kurma terbaik. Kurma ini memiliki warna cokelat kehitaman . Selain itu kurma ini juga berkhasiat dalam menyembuhkan dan siapapun yang mengkonsumsi kurma ini di pagi hari sebanyak tujuh buah dapat terhindar dari segala marabahaya dan yang namanya sihir sampai berakhirnya hari. Bicara harga kurma ini dihargai sebesar 100 Riyal/kg atau jika dirupiahkan menjadi Rp. 381.898/kg . Kurma ini pun menjadi kurma termahal di dunia.

2. Kurma Medjool

Kurma ini dianggap sebagai kurma terbaik kedua juga dijuluki sebagai ratunya kurma. Karena rasanya yang manis dan ukurannya yang relatif besar. Kurma medjool merupakan kurma tinggi kalsium, dan zat besi. Untuk penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma jenis ini dikarenakan manisnya yang cukup pekat. Harga kurma ini sekitar 70 Riyal/kg atau sekitar Rp. 267.328 .

Kurma Medjool

3. Kurma Amber

Kurma ini termasuk kurma yang paling banyak diminati selain karena manis juga karena ukurannya yang besar dengan biji yang kecil di dalamnya dan dengan daging buah yang tebal. Bentuknya lonjong dengan warna cokelat kehitaman. Kurma ini kaya akan kandungan protein, mineral, dan seratnya. Harganya sekitar 50 Riyal/kg atau Rp. 190.949 .

Kurma Amber

4. Kurma Barhi

Kurma ini berwarna kuning dan sangat renyah saat sudah matang dan rasanya manis seperti karamel. Kurma terbaik jenis ini terdapat di Basra, Irak. Kurma ini biasanya dijual lengkap dengan tangkai buahnya. Kurma barhi mengandung zat besi, kalium, vitamin B dan anti oksidan. Harga kurma ini sekitar 50 Riyal/ kg atau Rp. 190.949 .

Kurma Barhi

5. Kurma Sukkari

Kurma Sukkari

Kurma jenis ini biasanya dijadikan sebagai makanan penutup karena teksturnya yang manis dan juga renyah. Kurma ini dijual dengan harga sekitar 70-80 Riyal/kg atau Rp. 309.820/kg. Warnanya kuning keemasan dan bentuknya yang bulat. Oleh karena itu, kurma ini sering dijadikan sebagai jus atau juga sebagai isian roti.

Itulah 5 jenis kurma sultan di dunia. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.