Cara Pasang Set Top Box (STB) ke TV Analog

cara pasang set top box (stb)

Pemerintah Indonesia sendiri sudah melakukan Analog Switch OFF (ASO) atau dengan kata lain menghentikan siaran TV Analog. Sehingga masyarakat yang tidak memiliki perangkat TV Digital, tidak perlu membeli TV baru. Karena TV analog bisa menyiarkan siaran TV digital menggunakan bantuan Set Top Box (STB).

Set Top Box (STB) atau yang dikenal sebagai receiver merupakan perangkat elektronik yang umum digunakan untuk mengubah sinyal TV digital menjadi analog sehingga dapat ditampilkan pada TV analog.

Cara Kerja Set Top Box (STB)

Set Top Box (STB) merupakan peranti teknologi informasi yang tugas utamanya adalah untuk memproses sinyal digital menjadi sinyal analog. Cara kerja dari Set Top Box (STB) adalah mengolah input (sinyal yang ditangkap antena UHF, siaran digital kemudian dikeluarkan dalam bentuk gambar dan juga suara ke TV analog.

Jenis-Jenis Set Top Box (STB)

Sebelum membahas bagaimana caranya memasang set top box, kali ini kami akan mengajak anda lebih dulu untuk mengetahui apa jenis-jenis dari Set Top Box. Berikut ini adalah beberapa jenis decoder yang bis akita temukan di Indonesia:

  • STB TV Kabel

Jenis STB ini sifatnya stabil dari gangguan cuaca, karena menggunakan kabel fiber optic yang ditanam di dalam tanah. Namun di Indonesia jenis STB ini belum banyak digunakan. Penyedia layanan TV berlangganan yang menyiarkan jenis STB TV kabel seperti Biznet, MNC Play, HomeCable dari First Media.

  • STB Internet

STB jenis ini mengandalkan internet, kelebihannya adalah memberikan tayangan yang lebih jernih dibanding yang lainnya.

  • STB Terestrial

Set Top Box Terestrial menggunakan sistem saluran Digital Video Broadcast-Terestrial (DVB). STB jenis ini tidak memerlukan parabola khusus dalam menerima sinyal digital, cukup memakai antena televisi biasa (UHF/VHF). STB dipakai sebagai standar TV digital di Indonesia, sebab sesuai dengan program pemerintah dimana memutuskan untuk menggunakan teknologi DVB T2.

Cara Memasang Set Top Box (STB)

Jika kamu memiliki TV analog dan ingin mengakses siaran TV digital, kamu bisa menggunakan STB. Berikut ini adalah cara pasang Set Top Box (STB) ke TV analog yang mudah dan simple!

1. Persiapkan peralatan

Sebelum memulai, pastikan kamu memiliki semua peralatan yang diperlukan untuk menghubungkan STB ke TV analog. Peralatan yang dibutuhkan untuk memasang STB antara lain kabel coaxial, kabel RCA, dan remot STB.

2. Hubungkan antena ke STB

Langkah pertama dalam memasang STB ke TV analog adalah menghubungkan antena ke STB. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyambungkan kabel coaxial dari antena ke input antena pada STB.

3. Hubungkan STB ke TV analog

Setelah antena terhubung dengan STB, selanjutnya hubungkan STB ke TV analog. Caranya dengan menyambungkan kabel RCA ke output AV pada STB dan input AV pada TV analog. Pastikan warna kabel RCA sesuai dengan warna input/output pada perangkat, yaitu merah ke merah, putih ke putih, dan kuning ke kuning.

4. Nyalakan perangkat

Setelah semua kabel terhubung, nyalakanlah STB dan TV analog. Pastikan kamu mengatur kanal TV analog pada kanal 3 atau 4. Kemudian, atur kanal pada STB dan pastikan bisa menampilkan gambar dengan jelas.

5. Pasang baterai pada remot STB

Langkah terakhir adalah pasang baterai pada remot STB dan pastikan bisa mengontrol STB dengan remot. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengakses berbagai siaran TV digital.

Itulah cara mudah dan simpel untuk pasang Set Top Box (STB) ke TV analog. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menikmati siaran TV digital pada TV analog dengan mudah dan nyaman. Jangan lupa untuk mengatur antena dengan benar supaya dapat menangkap sinyal yang baik. Selamat mencoba di rumah ya!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.