Keliling Kota Surabaya Pakai “Teman Bus” Masih Gratis | Begini Caranya!

Bus surabaya

Hi girl,

Angkutan umum merupakan fasilitas umum yang sampai sekarang masih bisa kita nikmati. Tidak hanya di pedesaan di perkotaanpun fasilitas umum masih banyak yang bisa kita nikmati baik untuk perjalanan jauh maupun perjalanan dalam kota. Salah satunya di kota Surabaya terdapat banyak angkutan umum yang sampai saat ini terus dikembangkan. Penggemarnya pun tak kalah banyak selain karena situasi di dalam kendaraan yang kondusif, nyaman, dan tentunya harga yang ditawarkan sangat ekonomis alias ramah di kantong. Bahkan adapula yang sampai saat ini masih gratis.

Nah kali ini kita akan berbagi pengalaman pertama kita naik angkutan umum di Kota Surabaya yakni Teman Bus. Stay tuned!

Kita yang terbiasa kemana-mana naik sepeda motor dibuat penasaran oleh angkutan umum yang satu ini. Oke kita jadwalkan bersama teman kita juga. Kalo ada yang mulai penasaran, yuk langsung kita ulas step-step nya apa aja:

1. Saat membuat jadwal terlebih dahulu tentukan kalian mau naik bus ini dari mana

Kita memilih naik “teman bus” dari depan PTC Surabaya.

2. Memantau jam kedatangan bus melalui aplikasi google map

Untuk melihat jadwal kedatangan bus kalian bisa membuka aplikasi google map atau aplikasi bus itu sendiri. Boleh cek di playstore ya!

3. Klik halte terdekat dari lokasimu saat ini

Setelah membuka aplikasi silahkan cari halte terdekat dari lokasimu saat ini. Kemudian klik, di sana tertera nama halte berikut jam keberangkatannya. Kita naik bus dari halte PTC.

4. Pastikan kalian sudah menentukan tempat tujuan kalian

Catatan penting: Sebelum kalian berangkat pastikan kalian sudah menentukan lokasi atau tempat tujuan kalian. Kalian mau turun atau berhenti dimana.

5. Berangkatlah menuju halte 10 menit sebelum kedatangan bus

Datanglah ke halte 10 menit sebelum kedatangan bus untuk meminimalisir keterlambatan atau ketinggalan bus.

6. Tinggal tunggu deh kedatangan bus di halte bus

Pastikan kalian menunggu bus tepat di halte yang tersedia.

Karena ini merupakan pengalaman pertama kita naik “Teman Bus”, saya sempat ngobrol dengan ibu-ibu yang juga merupakan salah satu penumpang di bus itu. Saya sempat bingung dan kemudian bertanya dengan ibu tersebut mengenai cara pembayaran di bus ini. Si ibu menjelaskan bahwa sampai saat ini naik “Teman Bus” masih gratis. Lega dong kita. Hehehe. Pantes dari tadi mereka yang naik turun bus hanya mengucapkan “terima kasih” kepada pak driver nya.

Perlu kalian tau di bus ini tidak ada kernet, namun untuk memberikan aba-aba pada driver saat hendak turun bus ini menyediakan tombol “stop” yang berada di tiap tiang-tiang bus. Selain itu, di bus ini juga tersedia tempat charger untuk handphone kalian. Dan satu hal lagi di bus ini juga menyediakan tempat duduk khusus wanita juga lho.

Sekedar informasi karena memang kita tidak punya lokasi tujuan secara khusus kami memutuskan untuk turun sampai penghabisan bus. Kita naik dari halte PTC kemudian turun di depan Spazio (lokasinya tepat di seberang jalan halte PTC). Dan ini kita tidak transit sama sekali. Berangkat sekitar pukul 15.34 WIB dan sampai di lokasi udah malem. Karena emang niatnya buat nyobain bus ini sambil berkeliling kota Surabaya.

Sekali lagi kita ucapin terima kasih banyak untuk driver nya. Untuk kalian yang masih bingung bisa liat video lengkapnya di bawah ini ya!

Itulah sedikit sharing pengalaman kita keliling Kota Surabaya naik Teman Bus yang saat ini masih gratis. Berikut tips yang mudah-mudahan bermanfaat.

Sampai ketemu di tulisan kita selanjunya… bye

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.