Benarkah Tidur saat Berpuasa Berpahala?

benarkah tidurnya orang yang berpuasa itu berpahala?

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan saat berpuasa. Mengalihkan kita dari rasa lapar dan haus. Namun jika seharian tidur kita justru kehilangan banyak waktu dan jadi tidak produktif. Benarkan tidur saat berpuasa berpahala?

Tidur seharian

Berdasarkan hadist :

“Tidurnya orang berpuasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, amal ibadahnya dilipatgandakan, doanya dikabulkan, dan dosanya diampuni.” (HR Baihaqi)

Berdasarkan hadist di atas banyak dari kita yang justru salah mengartikan. Memang benar tidur tidak akan membatalkan puasa. Namun sangatlah rugi bagi kita ketika berada di bulan suci ini justru memilih bermalas-malasan dan menghabiskan waktu hanya dengan tidur.

“Jika makan dan minum diniatkan untuk menguatkan badan agar kuat ketika melaksanakan shalat dan puasa, maka seperti inilah yang akan bernilai pahala. Sebagaimana pula bentuknya apabila seseorang berniat dengan tidurnya di malam dan siang harinya agar kuat dalam beramal, maka tidur seperti ini bernilai ibadah.” (Latho-if Al Ma’arif, 279-280).

Jadi berdasarkan hadist di atas, tidur di siang hari saat berpuasa dengan niat untuk memperkuat ibadah di waktu malam hari dan ibadah lainnya maka tidur tersebut mendatangkan manfaat. Kalo ada yang nanya lagi, benarkah tidur saat berpuasa berpahala? Jawabannya adalah tidur saat berpuasa hukumnya boleh asalkan tidak menjadikan tidur ini sebagai alasan untuk tidak beraktivitas sama sekali selama berpuasa. Tetap beraktivitas dan selalu jaga kesehatan!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.