6 Momen Paling Berkesan saat menjadi Mahasiswa, Relate?

mahasiswa

Kata orang masa putih abu-abu merupakan masa paling menyenangkan dalam hidup. Padahal masa menjadi mahasiswapun tak kalah menyenangkan, banyak hal baru yang ditemui. Belum lagi jika mereka yang kuliah berada jauh dari rumah. Selalu bertemu orang-orang baru, lingkungan baru, dan belajar hal-hal yang sebelumnya jarang dilakukan.

Untuk yang menjadi anak rantau saat di bangku kuliah, kalian dituntut untuk jadi lebih mandiri dari sebelumnya. Tinggal sendiri di kos-kosan, masak, nyuci, dan menata kamar sendirian. Selain itu perkenalan dengan orang-orang baru pun dimulai saat ini. Yuk simak 6 momen paling berkesan saat menjadi mahasiswa berikut ini:

1. Saat jadi mahasiswa baru

Saat pertama kali menginjakkan kaki kita ke kampus untuk pertama kalinya setelah resmi menyandang sebagai “mahasiswa baru” merupakan hal awal yang nggak bakal dilupain. Apalagi waktu mengikuti Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) dan program pengenalan kampus. Mulai melirik orang-orang baru yang bisa aja nantinya satu kelas. Belum lagi ngelirik kakak senior yang jadi pemandu OSPEK, mulai deh curi-curi pandang. Sebelum memulai kegiatan OSPEK biasanya kakak senior akan memperkenalkan diri mereka satu persatu berikut dengan jurusannya dan semester berapa. Lanjut waktu diadakan games saat OSPEK itupun nggak kalah seru. Banyak yang mendadak kesemsem setelah acara OSPEK bisa suka sama sesama mahasiswa baru atau justru sama kakak seniornya. Waduh emang kakak senior itu bisa keliatan keren banget kalo udah ngomong didepan mahasiswa baru terus pake almamater kampus yang kedua tangannya disimpen di sakunya. Hehehe

2. Tumpukan tugas di akhir semester

Kalo di awal semester kita bisa tenang beda cerita saat menutup semester. Biasanya kita disibukkan dengan tugas akhir semester. Tumpukan tugas mengakhiri semester sebelum akhirnya diadakan ujian semester. Jadi keinget nggak sih sama pusingnya waktu masih jadi mahasiswa dulu? Pusing tapi perlahan akhirnya semua tugas bisa terselesaikan juga.

3. Temen sekelompok tapi nggak pernah kerja

Saat jadi mahasiswa kamu pasti pernah punya tugas kelompok dimana ada satu teman sekelompokmu yang nggak kerja alias tidak terlibat dalam pengerjaan tugas. Entah sok sibuk dengan urusannya atau justru menyerahkan sepenuhnya tugas kelompok dengan anggota kelompok yang lain. Menyebalkan memang tapi biasanya harus ada kompensasi tersendiri dalam hal ini. Biar kalian dan anggota kelompok yang lain tidak merasa dirugikan dalam hal ini. Bisa dia yang menanggung semua biaya tugas kelompok atau saat iuran dia yang harus paling banyak menyumbang. Udah jangan emosi, fase ini memang nyata adanya. Hahahaha

4. Ambil kelas di semester atas

Tiap semester yang kalian lewati ada yang namanya sks (sistem kredit semester) jadi setiap mata kuliah yang kalian ambil ada ketentuan berapa sks nya dan tiap semester jumlah sks yang bisa kalian ambil itu beda-beda. Kalo jumlah sks (nilaimu) di semester ini lebih besar dari jumlah sks di semester berikutnya maka kamu boleh mengambil mata kuliah di semester atas. Inilah juga jadi momen menyenangkan saat bisa satu kelas dengan kakak tingkat. Menghabiskan perkuliahan satu semester bersama kakak tingkat apalagi bisa satu kelompok itu bisa jadi cerita tersendiri. Yang mungkin dulu waktu OSPEK ngelirik kakak tingkatnya eh sekarang malah jadi satu kelas pasti tiap ketemu hatinya berbunga-bunga. Tuh kan malah senyum-senyum sendiri, relate ya?

5. Gara-gara tugas kelompok jadi pulang malem sampe tidur di rumah temen

Tugas yang banyak dan waktu yang seakan cepat sekali berlalu jadi alasan terbesar kalo sampe harus pulang malem atau justru harus nginep di rumah temen. Nginep di rumah temen bakal jadi cerita unik karena biasanya jadi sulit tidur dan lebih banyak waktu buat ngobrol sama temen-temen.

6. Saat wisuda

Wisuda jadi momen keberhasilan seseorang mahasiswa menyelesaikan kuliahnya, kemudian menyandang gelarnya sesuai jurusan yang dia ambil. Sekaligus momen ini pula yang jadi pertanda perpisahan dengan teman-teman seangkatan. Akan banyak air mata di sini entah karena terharu bahagia, karena mengingat perjuangan orang tua atau justru karena harus berpisah dengan teman seangkatan. Ada pertemuan pasti ada perpisahan. Jangan khawatir kalian masih tetap bisa kok komunikasi apalagi jaman sekarang sudah sangat canggih meskipun sudah berjauhan kalian tetap bisa kok video call atau saat weekend berencana buat meet up itu juga tak kalah menarik.

Nah itulah 6 momen paling berkesan saat menjadi mahasiswa, bener gak sih? Ada yang relate gak nih? Yuk share pengalamanmu di kolom komentar kita!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.