Tips Menaklukkan Hati Calon Mertua

mertua

Sudah punya pasangan dan sudah siap menikah. Lalu pertanyaan yang sering muncul “kenapa belum menikah?”. Iyah nggak semua paham alasanmu dan kebanyakan mereka bertanya bukan karena peduli melainkan hanya didasarkan “rasa ingin tahu”. Banyak alasan orang lain untuk tidak terburu-buru untuk menikah. Mungkin salah satu alasannya adalah masih belum tau cara menaklukkan hati sang calon mertua. Nah lho, apa sekarang kalian sedang di fase itu? Silahkan duduk manis dan simak artikel ini baik-baik. Berikut kita akan memberikan tips menaklukkan hati calon mertua kalian.

1. Membawa bingkisan (makanan)

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah sering-sering membawa bingkisan atau makanan untuk calon mertuamu. Biasanya orang menyebut ini sebagai sogokan iya bener juga sih. Namun ini semua bukan hanya sekedar sogokan melainkan akan muncul penilaian baik dari calon mertuamu sendiri. Misal ketika kamu datang membawa makanan atau hadiah apapun itu calon mertuamu akan menilai kalau kamu bukan orang yang pelit. Apalagi jika yang kalian bawa itu merupakan makanan kesukaannya hmmm udah pasti kalian dianggap sebagai orang yang pengertian dan royal.

Membawakan bingkisan

Pelit merupakan salah satu sifat yang harus kita hindari dan tentunya kitapun tidak suka dengan orang yang pelit tentunya. Well sifat royal lah yang perlu kalian miliki. Satu hal lagi yang harus kalian pahami bahwa hemat dan pelit itu berbeda! Tidak selalu hal yang mahal, hal sederhana pun bisa bikin kalian terlihat royal kok di depan calon mertuamu. Misalnya membawa martabak atau terang bulan saat berkunjung ke rumah calon mertua. Atau memberi bingkisan berupa hampers apalagi sebentar lagi mau lebaran kan ya.

2. Asik diajak ngobrol

Asik diajak ngobrol

Mengobrol merupakan cara paling ampuh untuk lebih dekat dengan calon mertua. Mengingat memang orang tua merupakan influencer terbaik seorang anak. Jadi untuk menjadi menantu yang baik jadilah orang yang asik diajak ngobrol. Bukan semata-mata ingin disenangi calon mertua saja melainkan karena nantinya calon mertuamu itu akan menjadi orang tuamu juga.

3. Memperlakukan anaknya dengan baik

Jangan terlalu sering merepotkan pasangan

Seringkali kita menganggap pasangan sebagai objek kekesalan kita atau justru harus sering kita repotkan. Kalau kalian belum menikah, jangan sampai perlakuan kalian terhadap pasanganmu justru membuat calon mertuamu memberi penilaian buruk terhadapmu. Semua orang tua tidak akan suka jika anaknya terlalu apalagi selalu direpotkan oleh pasangannya apalagi belum menikah. Dan satu lagi jangan pernah mengeluarkan kata-kata kasar di depan mereka meskipun itu hanya berupa candaan.

4. Mudah berbaur dengan keluarga besar

Mudah berbaur dengan keluarga besar

Ternyata tidak hanya orang tua keluarga besarpun bisa menjadi influencer atau justru saling mempengaruhi. Bersikaplah baik dan seramah mungkin dengan keluarga besar pasanganmu. Ketika diundang ke acara keluarga besar jangan mengikuti kemanapun pasanganmu pergi atau bersembunyi dibalik pasanganmu berusahalah berbaur dengan mereka jangan terlalu kaku.

5. Berpengaruh positif untuk anaknya

Berpengaruh positif untuk anaknya

Jadilah pasangan yang membawa pengaruh postif untuk pasangannya. Jangan sampai keberadaanmu justru membawa pengaruh buruk bagi pasanganmu. Orang tua manapun akan bangga dan suka jika anaknya menjadi orang yang lebih baik bersama siapapun itu. Pasangan yang baik tidak akan mengajak atau membawa pasangannya untu melakukan hal yang buruk apalagi sampai merugikan pasangannya.

6. Berwawasan luas

Berwawasan luas

Berwawasan luas merupakan syarat dari obrolan berbobot. Seseorang dengan wawasan yang luas tentu asik ketika diajak ngobrol. Lebih banyak bahan obrolan yang bisa diceritakan. Berwawasan luas dan antusias yang tinggi saat mengobrol akan membantu mencairkan suasana. Namun yang perlu kalian ingat tetaplah bicara dengan sopan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua darimu.

7. Berpenampilan sopan dan ramah

Berpenampilan sopan dan ramah

Penampilan juga jadi satu hal yang dinilai paling awal dari sekian banyak syarat. Bukan berarti harus mengenakan barang-barang branded atau mahal. Cukup berpakaianlah yang sopan, bersih, rapi dan wangi serta jangan berlebih-lebihan. First impression berasal dari penampilan saat bertemu pertama kali.

8. Bicarakan Hobimu sebagai kelebihan (jika perlu)

Hobi yang sama dengan calon mertua bisa jadi bahan obrolan yang akan membuatmu semakin dekat dan akrab dengan calon mertuamu. Akan tetapi tak harus selalu sama, hobi yang menjukkan kelebihanmu akan membuatmu lebih terkesan di mata calon mertuamu. Bukan seperti showtime atau menyombongkan kemampuan tapi lebihke sharing tentang hobi dan kesukaanmu.

Bicarakan Hobimu

Sebagai calon menantu yang sedang memperjuangkan restu menuju pelaminan. Perlu yang namanya menyenangkan orang tua pasangan. Berbaur dan ngobrol asik akan membuatmu lebih mudah di terima di keluarga pasangan. Jadilah calon menantu yang selalu baik, baik itu sebelum jadi menantu maupun setelah resmi menjadi menantunya. Jangan menjadi duri dalam daging dan jangan pula membuat perselisihan antara pasanganmu dengan keluarganya apalagi orang tuanya.

Itulah tips menaklukkan hati calon mertua. Untuk yang sedang berjuang atas nama sebuah “restu”, semangat!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.