Rekomendasi Wisata di Surabaya, Wajib Dikunjungi!

Surabaya

Kota Surabaya atau lebih dikenal sebagai kota pahlawan. Hal ini karena kota Surabaya kaya akan sejarah perjuangan pahlawan. Selain itu banyak tempat bersejarah yang sekarang dijadikan sebagai tempat wisata. Kota Surabaya menawarkan banyak tempat wisata selain untuk keperluan edukasi juga sebagai tempat hiburan. Jadi tak heran kota ini menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia. Buat yang punya rencana untuk berlibur ke kota Surabaya yuk simak rekomendasi wisata di Surabaya yang wajib dikunjung berikut ini!

1. Tugu Pahlawan

Tugu pahlawan

Tugu pahlawan merupakan salah satu monumen yang terkenal di kota Surabaya. Monumen ini dibangun untuk memperingati para prajurit Surabaya yang gugur dalam perang saat melawan penjajah. Monumen ini berlokasi di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya. Untuk masuk ke tempat ini kalian harus membayar Rp. 5.000 sedangkan untuk para pelajar/mahasiswa gratis cukup menunjukkan Kartu Pelajar/Kartu Tanda Mahasiswa.

Jam operasional tempat wisata ini untuk hari Senin-Jumat buka pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Namun untuk hari weekend atau di hari Sabtu dan Minggu buka pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

2. Patung Sura dan Baya

Patung sura dan baya ini mewakili nama kota ini sendiri yang berasal dari ‘Sura yakni seekor ikan hiu sedangkan ‘Baya merupakan seekor buaya. Di dalam sejarah konon di suatu lautan yang luas terdapat seekor ikan hiu dan seekor buaya yang selalu bertarung untuk mempertahankan wilayah kekuasaan mereka masing-masing. Keduanya ini sama-sama kuat, tangkas, cerdik dan perkasa. Dalam pertarungan mereka selalu berakhir sama tidak yang menang dan tidak ada yang kalah. Karena terlalu sering bertarung namun tidak tetap tidak ada yang menang maupun yang kalah akhirnya mereka membuat kesepakatan yakni ikan hiu mencari makanan di lautan sedangkan buaya mencari makanan di darat. Tidak cukup di situ, ternyata si hiu melanggar kesepatan mereka yang berakhir dengan pertarungan hebat. Si buaya terluka pada bagian kanan ekornya oleh karena itu si buayapun miring ke kiri. Sedangkan si hiu terluka di bagian ekornya yang mengakibatkan ekornya hampir putus. Pada akhirnya hiu kembali ke lautan dan buaya ke daratan dan berhasil mempertahankan wilayah kekuasaannya.

Patung Sura dan Baya

Itulah cerita singkat dari patung Sura dan Baya. Patung ini merupakan landmark dari kota pahlawan. Rasanya kurang kalo ke Surabaya tapi belum foto-foto di depan patung suro dan boyo ini. Patung ini dijadikan sebagai ikonnya kota Surabaya yang berdiri kokoh di Jl. Diponegoro No. 1B Darmo Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Wisata ini di buka untuk umum secara gratis dan buka selama 24 jam. Namun untuk biaya parkir sendiri tetap berlaku sepeda motor Rp. 2.000 sedangkan untuk mobil Rp. 4.000.

3. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Sebagai kebun binatang yang paling terkenal di Surabaya. Tak heran kebun biantang ini dijadikan destinasi favorit baik itu para wisawan maupun masyarakat setempat yang mencari tempat berlibur atau sekedar menghabiskan waktu weekend mereka. Di dalam Kebun Binatang Surabaya atau yang lebih dikenal KBS ini termasuk kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara karena terdapat lebih dari 981 spesies satwa yang berbeda-beda dan terdiri dari 2.806 binatang.

Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Wisata ini berlokasi di Jl. Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241. Buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Tiket masuk hanya sebesar Rp. 15.000, namun untuk memasuki wahana lainnya kalian harus membayar dengan tarif yang berbeda-beda di tiap wahana. Terdapat kurang lebih 15 wahana yang bisa menemani liburanmu. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan beberapa syarat lainnya.

4. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Ekowisata Mangrove Wonorejo

Selain karena butuh hiburan biasanya kita mencari tempat wisata yang menyediakan spot foto yang estetik. Mangrove Wonorejo Rungkut merupakan tempat wisata yang menggabungkan konsep edukasi dan rekreasi. Jadi selain edukasi kalian juga bisa berekreasi di sini. Selain itu untuk anak millenial atau pengguna media sosial yang suka mengeksplore foto di lokasi yang menarik. Nah disini bisa banget buat nambahin feed instagram kalian. Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Wonorejo Timur No.1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60296. Buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Tempat wisata ini dibuka untuk umum dan juga gratis. Namun jika kalian ingin merasakan sensasi menyusuri hutan bakau dengan perahu kalian cukup membayar Rp. 25.000.

5. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran

Salah satu pantai yang paling terkenal di Surabaya yakni Pantai Kenjeran. Jika kalian ingin menikmati suasana pantai kalian bisa berwisata ke sini dengan cukup membayar Rp. 15.000/orang. Untuk penikmat senja dan ingin menyaksikan sunset di tepi pantai bisa ke tempat wisata ini. Untuk yang membawa kendaraan pribadi dikenakan tarif parkir sepeda motor Rp. 8.000 sedangkan untuk mobil Rp. 10.000. Pantai ini berlokasi di Jalan Sukolilo No 100 Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya. Wisata ini buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Namun disarankan untuk datang lebih awal agar bisa menikmati semua wahana di sini mengingat disini juga menyediakan banyak wahana.

6. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam

Monumen kapal selam atau lebih dikenal dengan nama Monkasel berlokasi di Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271. Monumen ini mungkin bisa dijadikan destinasi berlibur kalian, monumen ini merupakan museum kapal selam yang berada di Embong Kaliasin, Genteng Surabaya. Dulunya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410. Kapal selam ini adalah salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952. Untuk tujuan wisata dan edukasi sejarah kalian bisa memilih tempat ini. Monkasel buka di hari Selasa-Minggu mulai pukul 08.00 WIB higga pukul 16.00 WIB sedangkan untuk hari Senin tutup. Harga tiket masuk Rp. 15.000.

7. Taman Bungkul

Taman Bungkul

Taman ini merupakan salah satu taman yang cukup terkenal di Surabaya karena memang terletak di pusat kota Surabaya. Taman ini berlokasi di Jl. Taman Bungkul, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241. Untuk memasuki taman ini kalian tidak perlu membayar karena memang dibuka untuk umum dan merupakan fasilitas kota. Namun untuk yang membawa kendaraan sendiri dikenakan tarif parkir untuk sepeda motor Rp. 3.000 sedangkan untuk mobil Rp. 5.000. Taman ini memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai fasilitas yang tersedia mulai dari Jogging Track hingga Playground dan sentra kuliner.

8. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark

Ciputra waterpark sebagai taman air yang terkenal di Surabaya yang merupakan salah satu taman air terbesar di Asia Tenggara. Taman air ini berlokasi di Jl. Waterpark Boulevard Jl. Citraland Surabaya, Made, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60219. Demi menikmati taman air ini kalian cukup membayar Rp. 75.000 (weekdays) dan Rp. 95.000 (weekend). Jam operasional di hari Selasa-Jumat buka pukul 13.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB sedangkan di hari weekend yakni hari Sabtu-Minggu buka dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Khusus hari Senin tempat wisata ini tutup.

Ciputra Waterpark

Sebelum berlibur sebaiknya list terlebih dahulu tempat mana saja atau wisata apa saja yang mau kalian kunjungi. Rekomendasi wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi di atas bisa kalian masukin di list destinasi liburan kalian selama di Surabaya. Happy holidays!

Bagikan:

%d blogger menyukai ini: