7 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba!

Surabaya

Kalo jalan-jalan ke Surabaya selain wajib mengunjungi tempat wisatanya kalian juga wajib nyobain makanan khasnya yang tentunya tidak bisa ditemui di daerah lain. Jika kalian berencana berlibur ke Surabaya silahkan list 7 makanan khas Surabaya yang wajib dicoba:

1. Tahu Tek

Tahu tek merupakan deretan pertama makanan khas Surabaya yang wajib kalian coba. Tahu tek terdiri dari tahu goreng yang dipotong kecil-kecil dicampur telur yang didadar, kentang goreng, touge dan mentimun yang dipotong-potong kecil kemudian disiram dengan saus kacang dan petis di atasnya. Biasanya dilengkapi pula dengan tambahan kerupuk.

2. Tahu Campur

Tahu campur makanan khas Jawa Timur yang dijual bebas di warung-warung makan. Makanan ini terdiri dari daging sapi yang dipotong dan dimasak dengan bumbu petis yang disajikan tahu goreng, perkedel, tauge segar, selada air, mi kuning, dan kerupuk kuning.

3. Lontong Balap

merupakan makanan yang terdiri dari lontong, tahu goreng, toge, bawang goreng dan titambahkan kecap dan sambal sesuai selera. Jika dikupas berdasarkan sejarahnya awal mula nama lontong balap ini diambil dari kebiasaan para penjualnya. Dimana para penjual lontong balap ini berebut pembeli baik di pasar maupun di perjalanan, merekapun berjalan cepat-cepat menuju pasar Wonokromo. Hal inilah yang menimbulkan kesan “balapan”, makanya makanan ini disebut sebagai lontong balap.

4. Lontong Kupang

Sesuai dengan namanya makanan ini berbahan dasar kupang putih, semacam kerang yang berukuran kecil-kecil seperti butiran beras. Kemudian kupang ini dikupas dan dimasak terlebih dahulu. Kemudian disajikan bersama lontong dan letho. Lanjut penyajian makanan ini dengan disiram dengan kuah petis dan perasan jeruk nipis sesuai selera, biasanya disajikan bersama sate kerang. Makanan ini juga banyak dijual di warung makanan di Surabaya jadi tidak sulit jika ingin mencari penjual makanan ini.

5. Pecel Semanggi

Semanggi termasuk salah satu tumbuhan paku air yang tumbuh di pematang sawah dan tepi saluran irigasi. Di Surabaya tanaman ini dimanfaatkan untuk dijadikan olahan yang disebut pecel semanggi. Daun semanggi ini dikukus dan dinikmati bersama saus khasnya berikut dengan kerupuk puli yang terbuat dari tepung beras. Saus khas pecel semanggi ini terdiri dari ketela rambat, kacang tanah dan gula merah.

6. Rawon

makanan khas surabaya

Rawon merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang merupakan sup daging berkuah hitam. Daging sapi yang digunakan berupa daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Sedangkan bumbu untuk kuahnya sendiri terdiri dari bumbu khasnya dan warna hitamnya berasal dari kluwek. Makanan ini biasanya disajikan bersama toge, telur asin dan daun bawang berikut dengan nasi putihnya juga.

7. Soto Lamongan

Sesuai dengan namanya makanan ini berasal dari salah satu kota di Jawa Timur yakni Lamongan. Mengingat setiap daerah memiliki tampilan dan rasa soto yang berbeda-beda. Oleh karena itu, jika kalian berasal dari Sumatera kalian akan merasakan rasa yang berbeda dari soto Lamongan ini.

Nah itulah 7 makanan khas Surabaya yang wajib dicoba. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.