Tips Mengkhatamkan Al– Quran di Bulan Ramadhan

khatam Al-Qur'an

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di nantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Bahkan banyak yang menyiapkan segaa sesuatu untuk menuju ramadhan, ada yang mulai mengatus jadwal kajian, jadwal untuk menjual serba – serbi makanan di bulan Ramadhan hingga jadwal buka bersama. Namun ada hal yang pastinya nggak boleh ketinggalan di hari yang berkah ini, yaitu membaca Al – Qur’an.

Dalam surah Al – Baqarah ayat 185 dikatakan bahwa bulan Ramadhan bulan yang di dalam nya diturunkan Al – Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan – penjeasan mengenai petunjuk itu dan pembeda ( antara yang hak dan yang batil ). Kemudian Ibnu Abbas ra. Berkata : sesungguhnya Rasulullah SAW adalah manusia paling dermawan, dan ia berada dalama kondisi terdermawanannya ketika di bulan Ramadhan, yaitu ketika Malaikat Jibril menemuinya. Dan malaikat Jibril senantiasa menemuinya pada setiap malam Ramadhan untuk mudaarasah Al – Qur’an. Dan keadaan Rasulluah ketiaka ia ditemui oleh Malaikat Jibril adalah lebih dermawan daripada angin yang berhembus ( HR. Bukhari – Muslim ).

Sudah pasti kan bawasannya mengaji di bulan ramadhan sangatlah bermanfaat, dan pastinya akan mendapat syafaat dari Allah SWT. Maka dari itu ini lah tips mengkhatamkan Al – Qur’an di bulan Ramadan.

1. Membuat Tabel Khatam Al – quran

Seperti yang kita ketahui bahwa Al – Qur’an terdapat 30 juz, dalam 1 juz terdapat 10 lembar. Maka dari itu dapat kita bagi setiap sholat kita membaca 2 lembar yang dapat dilakukan saat sebelum shalat satu lembar, setelah shalat satu lembar. Totalnya 10 lembar, jadi dalam satu hari satu juz atau lebih sering dikenal dengan one day one juz.

Membuat tabel khatam Al-Quran

Namun terkhusus seorang wanita yang memiiki fitrah untuk haid, maka dapat diatasi dengan menyicil di setiap waktu seperti setelah shalat duha hingga menunggu datangnya berbuka.

2. Menggunakan satu Al – Qur’an yang paling nyaman

Gunakan satu Al-Qur’an

Terkadang banyak orang memiliki Al – Qur’an lebih dari dua namun penggunaannya tidak teratur, nah kalau ingin menghatamkan Al – Qur’an maka harus memiliki minimal 1 yang mudah dibaca, dipahami, dan dimengerti. Kalau perlu dapat mencari Al – Qur’an yang memiliki keunggulan yang lengkap. Kalian juga harus menepatkan diri kalian, cenderung yang bewarna atau hitam putih / polos.

3. Memanfaatkan waktu sebaik-baik nya

Bulan Ramadan adalah bulan yang harus diisi dengan kebaikan, maka dari itu selalu manfaatkan di setiap waktu untuk membaca Al – Qur’an atau jika rumah kalian dekat dengan masjid juga dapat memanfaatkan dengan iktikaf di masjid serta membaca Al – Qur’an.

Manfaatkan waktu sebaik-baiknya

Allah maha baik, maka dari itu adapun fadilah dan manfaat  mengkhatamkan Al – Qur’an pada bulan Ramadhan:

– Menyempurkan pahala puasa

– Pahala ibadah sunnah terbaik

– Amal yang mulia

– Pahala menuntut ilmu

– Pahala seperti shalat sepanjang malam

Pahala mengikuti sunnah Rasul

– Dijauhkan dari sesat

– Pahala terhindar dari azab Alllah

– Dijauhkan dari penyakit hati

– Pahala seperti sebaik baik manusia

– Mengikuti perintah Allah

– Berlomba dalam kebaikan

– Mulia di mata Allah

Pahala tinggi jika dikerjakan dengan khusyu’

Itu adalah beberapa tips mengkhatamkan Al – Qur’an di bulan Ramadan.

Bagikan:

Picture of Arum

Arum

Picture of Arum

Arum

hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.