Cara Berwirausaha di Bulan Ramadhan  

Cara Berwirausaha

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang dinantikan oleh seluruh umat Islam, karena di dalamnya terdapat berbagai jenis aktivitas yang menyenangkan. Serta suasana di bulan Ramadhan seperti berbeda dari bulan – bulan sebelumnya. Di bulan Ramadhan banyak orang berantusias untuk  membantu serta memanfaatkan untuk berniaga. Di artikel ini kita akan membahas tentang cara untuk berwirausaha di bulan Ramadhan.

Menjadi pedagang atau wirausaha di jaman dulu hingga kini sangatlah mudah untuk di cari dan dijadikan sebagai salah satu profesi. Dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada, serta mengasah kemampuan di bidang perdagangan kita dapat memulainya, terlebih lagi ketika kita dapat menempatkan di suasana yang tepat.

Seperti contohnya bulan Ramadhan ini, kita dapat memanfaatkan bulan ini untuk berdagang. Ada berbagai jenis barang – barang yang peminat nya melonjak di bulan ini, yaitu kurma, takjil, alat shalat, selain itu kita juga harus melihat siapakah konsumen kita nantinya. Maka kita harus menyesuaikan dengan lingkungan daerah kita, apa saja yang dibutuhan dan siapa target pemasarannya.

Untuk sistem penjualan nya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu berjualan online atau langsung menjual di suatu toko juga dapat dilakukan dua sekaligus. Dengan demikian usaha kita akan berjalan. Tidak berhenti di situ saja, bawasannya kita harus memperhatikan poin poin penting yang harus kita laksanakan saat berwirausaha. Berikut cara berwirausaha di bulan ramadhan;

  • Menggunakan media sosial       
Memanfaatkan media sosial

Poin pertama adalah dengan kita memutuskan akan menggunakan media sosial apa, yang sekarang tengah dibincangkan oleh banyak orang adalah TikTok, namun kalian juga dapat menggunakan media sosial lainnya seperti Instagram, WhatsApp, maupun market online shop lainnya.

  • Menguasai media sosial
Kuasai media sosial yang kamu gunakan

Ketika sudah memutuskan menggunakan media sosial, disarankan apabila masih tergolong pemula maka gunakanlah satu sampai dua media sosial saja, agar kita lebih fokus dalam memantau nya, dan yang pastinya kita harus menguasainya.

  • Feed / foto produk yang baik
Belajar foto produk

Foto produk tidak kalah pentingnya, karena konsumen akan lebih tertarik dan percaya dengan hasil foto yang bagus, dengan memperhatikan foto produk maka produk kita akan lebih terlihat elegan dan layak jual. Namun kalian tidak perlu khawatir akan foto produk yang mahal, kalian dapat belajar melalui YouTube atau dapat belajar secara otodidak.

  • Selalu memantau
Selalu pantau penjualan di media sosial

Setelah membuat sosial media serta telah diisi produk kita, maka kita harus selalu memantau nya. Karena konsumen dapat saja berubah pikiran ketika penjual slow respon, maka dari itu kita harus selalu memantau sosial media dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan kita. Untuk poin yang  harus diperhatikan ketika menjual produk langsung adalah:

  • Tempat yang strategis

Jika kita memilih untuk menyewa toko usahakan untuk memilih toko yang strategis, yang mana sesuai dengan sasaran target kita dan tempat yang ramai dikunjungi. Jangan sampai kita sudah menyewa namun toko tersebut jaran di lalui orang, dan sulit untuk dijangkau. Serta memperhatikan sasaran target juga penting agar produk kita dapat sesuai dengan pembeli

Pilih lokasi yang strategis
  • Menata toko
Menata isi toko untuk menarik pelanggan

Poin kedua tidak boleh terewatkan, karena kebersihan, kerapian serta keamanan toko sangat di perhatikan oleh pelanggan. Itu dia beberapa cara untuk berwirausaha di bulan Ramadhan, namun harus tetap menjalankan ibadah dengan baik dan semangat.

Bagikan:

Picture of Arum

Arum

Picture of Arum

Arum

hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.