Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Gejala Haid dan Hamil!

Perbedaan gejala haid dan hamil

Sebagai seorang wanita, tentu penting untuk memahami dan juga mengenali perbedaan antara gejala haid dan gejala awal kehamilan. Kedua kondisi ini dapat menunjukkan tanda-tanda yang serupa, sehingga seringkali menimbulkan kekhawatiran dan kebingungan bagi banyak wanita. 

Artikel ini akan membantu kalian untuk lebih memahami apa saja perbedaan mendasar antara gejala haid dan gejala kehamilan. Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Gejala Haid dan Hamil!

Gejala Haid 

Haid adalah siklus bulanan yang dialami oleh sebagian besar wanita pada usia reproduksi. Periode hadi terjadi ketika sel telur yang tidak dibuahi dilepaskan dari ovarium dan lapisan rahim yang tidak terpakai dikeluarkan dari tubuh lewat vagina. Beberapa gejala haid umum yang sering dialami oleh wanita adalah sebagai berikut: 

1.     Perut Kram

Salah satu ciri utama yang seringkali dialami wanita yang akan haid adalah mengalami sakit perut atau perut kram. Nyeri atau perut kram ini terjadi karena adanya kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan lapisan endometrium yang tidak dibuahi. 

Jika kalian mengalami nyeri atau kram pada perut sebelum menstruasi maka bisa mengatasinya dengan mengompres perut menggunakan air hangat atau minum obat pereda nyeri. 

2.     Perubahan Mood 

Biasanya mendekati periode menstruasi atau haid, beberapa wanita dapat merasa lebih sensitif secara emosional. Mood bisa saja berubah-ubah, dan seringkali akan lebih tersinggung. Oleh karena itu tak heran, menjelang menstruasi atau haid, wanita tiba-tiba merasa senang kemudian merasa sedih tanpa alasan yang jelas. 

3.     Nyeri Payudara 

Saat akan mengalami menstruasi, biasanya wanita akan mengalami nyeri payudara atau sakit pada bagian payudara. Ini adalah hal yang normal dan kalian tidak perlu khawatir ya! 

4.     Munculnya jerawat 

Perubahan hormon saat haid atau menstruasi juga dapat menyebabkan jerawat muncul sebelum ataupun selama periode menstruasi. Ini merupakan hal normal, jadi wajar saja ya jika jerawat kalian muncul menjelang masa haid. 

Gejala Kehamilan 

Gejala kehamilan dapat berbeda-beda untuk setiap wanita dan gejala ini muncul beberapa minggu setelah pembuahan terjadi. Berikut ini adalah beberapa gejala yang umum pada masa kehamilan: 

1.     Telat menstruasi 

Salah satu tanda paling umum seorang wanita hamil adalah telat menstruasi. Namun juga perlu diingat ya bahwa telat menstruasi ini juga disebabkan oleh faktor yang lainnya. 

2.     Mual dan muntah

Kemudian ketika orang mengalami masa kehamilan biasanya akan mengalami morning sickness, mual dan muntah ini biasanya bisa terjadi kapan saja tidak hanya pagi hari saja. 

3.     Payudara menjadi sensitif 

Saat wanita hamil, biasanya payudara akan terasa lebih sensitif atau nyeri. Dan biasanya puting susu akan menjadi lebih gelap. Jadi kalian bisa juga memeriksa bagian payudara, apakah mengalami beberapa gejala yang sudah kami sebutkan itu atau belum. 

4.     Mudah lelah

Ciri keempat orang yang hamil adalah biasanya mudah lelah. Perubahan hormon dan pertumbuhan janin dapat menyebabkan wanita kelelahan daripada biasanya. 

5.     Sering buang air kecil

Wanita hamil seringkali merasa ingin buang air kecil dibandingkan sebelumnya, ini karena tekanan rahim yang meningkat. 

6.     Pembesaran perut 

Ketika hamil, maka lambat laun perut akan mulai membesar seiring pertumbuhan janin di dalam rahim. 

Yang penting diingat, bahwa setiap wanita bisa memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam menghadapi gejala haid maupun gejala kehamilan. Jika kalian mengalami ketidakpastian mengenai perubahan yang terjadi pada tubuh, maka dianjurkan untuk melakukan tes kehamilan atau berkonsultasi dengan dokter. 

Dengan memahami perbedaan antara kedua kondisi ini maka dapat membantu kalian mengenali tanda-tanda awal kehamilan atau mempersiapkan diri menghadapi masa haid dengan lebih bijaksana lagi. 

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.