Tips Hemat Belanja Bulanan

belanja bulanan

Hi girl,

Belanja bulanan merupakan kegiatan yang sudah pasti kita lakukan. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang harus kita siapkan budget nya. Belum lagi ketika kita mulai kalap dan membeli apapun yang kita sukai di awal bulan dan dianggap sebagai bagian dari belanja bulanan. Waduh berat ya girl! Nah kali ini kita akan membagikan sedikit tips hemat belanja bulanan yang mungkin bisa kalian terapkan juga saat hendak belanja bulanan.

Stay tuned!

Beberapa diantara kita menyukai kegiatan berbelanja apalagi berbelanja bulanan mengingat bahan di dapur sudah hampir habis dan teriak minta diisi ulang. Di balik kegiatan itu kita membutuhkan beberapa hal yang wajib kita pertimbangkan mulai dari budget hingga daftar belanja yang urgent atau wajib. Yuk langsung kita ulas satu persatu:

1. Tentukan budget belanja bulananmu

Jangan sampai belanja bulanan ini menguras hingga 50% dari uangmu. Iya karena masih ada 30 hari ke depan yang harus kalian perjuangkan. Masih ada kebutuhan lain belum lagi dana darurat yang juga tak kalah penting untuk disiapkan. Belum lagi ketika kalian ada keinginan untuk jajan di luar dan kebutuhan darurat lainnya.

2. Siapkan daftar belanja yang memang bersifat wajib

Jika dirasa malas untuk membawa catatan kertas kemana-mana kalian boleh kok menuliskan daftar belanjaan di handphone kalian. Boleh juga menambahkan opsi-opsi belanjaan lain yang dirasa penting juga kalau budgetnya cukup.

3. Bisa pantau aplikasi atau cari di internet informasi diskon barang di minimarket atau supermarket

Untuk yang berbelanja bulanannya di minimarket atau supermarket bisa membuka aplikasi dari masing-masing market. Biasanya akan ada banyak informasi diskon beberapa barang. Siapa tau itu barang yang mungkin ada di catatan kalian. Jika ada tanggal berlakunya bisa kalian pertimbangkan lagi mau menunggu atau tidak.

4. Pastikan kalian sudah tau pasaran harga barang

Satu lagi yang nggak kalah penting sebagai tips hemat belanja bulanan, kalian harus tau pasaran harga barang saat itu. Kalo dirasa harganya terlalu mahal kalian boleh cari ditempat lain yang harganya lebih sesuai atau lebih murah. Untuk tips lainnya kalian bisa tonton selengkapnya di video yang kita sertakan di bawah ini ya!

Dimanapun dan berapapun budget belanja bulanan kalian tetap harus mempersiapkan dana darurat ya. Dan pastikan yang masuk ke dalam daftar belanjaan kalian itu memang kalian butuhkan. Itulah sedikit tips hemat belanja bulanan dari kita. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.