Solusi Bagi yang Tidak Lulus SNMPTN

SNMPTN

Hasil SNMPTN sudah diumumkan ada yang lulus dan banyak pula yang dinyatakan tidak lulus. Terdapat banyak PTN yang membuka peluang bagi calon mahasiswa baru dengan mengikuti program SNMPTN. Untuk calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, congratulation! Bagi yang belum lulus, yuk semangat lagi yuk! Tenang masih banyak jalan menuju roma.

Sesuai dengan artikel sebelumnya yang membahas jalur masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. Yups masih ada 6 jalur lain yang bisa kalian ikuti. Nah di artikel kali ini kita akan membagikan beberapa solusi bagi yang tidak lulus SNMPTN:

1. Mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Tidak lulus SNMPTN bukan berarti harimu berakhir. Kamu masih punya banyak pilihan lain yang nggak kalah hebatnya. Solusi pertama yang harus kalian lakukan adalah persiapkan semaksimal mungkin diri kamu untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Karena keberhasilan seseorang tidak terlepas dari seberapa besar persiapan kita. Persiapan semaksimal mungkin bisa dengan mengikuti kelas bimbel. Jaman sekarang tidak sulit menemukan bimbel yang memang dikhususkan untuk persiapan SBMPTN. Namun jika budget kalian terbatas dan lebih memilih belajar mandiri juga tetap bisa kok. Kalian bisa cari bank soal di website-website biasanya ada pembahasan soalnya juga.

Persiapan SBMPTN

2. Mengikuti seleksi mandiri

Selain SNMPTN dan SBMPTN, perguruan tinggi negeri ada juga yang membuka jalur seleksi mandiri. Jika SBMPTN dilaksakan dengan mengacu pada hasil skor UTBK sedangkan seleksi mandiri ini berupa ujian tertulis yang langsung diadakan oleh perguruan tinggi negeri yang bersangkutan.

Seleksi mandiri PTN

3. Mengikuti seleksi mandiri di perguruan tinggi swasta

Tidak lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri padahal udah nyoba seleksi di beberapa jalur? Tenang kalian masih ada pilihan lain masih bisa mengikuti seleksi mandiri di perguruan tinggi swasta. Perguruan tinggi swasta pun juga nggak kalah keren banyak kok perguruan tinggi swasta terbaik dan ternama di Indonesia. Nggak ada salahnya kalau harus kuliah di perguruan tinggi swasta.

Seleksi mandiri Perguruan Tinggi Swasta

4. Coba lagi di tahun depan

Masih ada satu opsi lain untuk masuk ke perguruan tinggi negeri bagi yang belum lulus tahun ini. Masih ada tahun depan untuk terus mencoba. Banyak kok orang yang memilih untuk nggak kuliah dulu di tahun pertama setelah SMA dikarenakan beberapa hal kondisi tersebut disebut gap year. Tidak ada yang salah dari pilihan yang kamu ambil. Kamu jadi memiliki banyak waktu untuk mengikuti kursus misalnya, mencoba hal-hal baru yang menarik dan melakukan hal-hal positif lainnya.

Mengikuti kursus online

5. Berbisnis

Jika kalian memiliki minat berbisnis yang tinggi atau mau belajar hal baru nah kalian bisa mencoba berbisnis untuk mengisi waktu luang. Kegagalan masuk perguruan tinggi negeri jangan sampai membuatmu justru patah semangat. Ada banyak pilihan yang bisa kalian ambil salah satunya mencoba berbisnis kecil-kecilan. Belajar berbisnis dengan memulai bisnis kecil-kecilan. Bisa juga dengan bekerja sebagai part time di sebuah restoran, cafe ataupun perusahaan lainnya.

Berbisnis

Itulah solusi bagi yang tidak lulus SNMPTN tahun ini. Jangan berfokus pada satu kegagalan sampai lupa caranya untuk bangkit kembali. Setiap orang memang memiliki keinginan, harapan dan ego masing-masing. Namun setiap proses yang dilewati selalu ada kata berhasil dan gagal. Jika dalam proses tersebut kamu berhasil terimalah dan berbahagialah, namun jika sebaliknya. Saat kamu gagal dalam satu hal, kalian harus ingat kalian tetap memiliki pilihan lain yang nggak kalah hebatnya. Semangat harus tetap membara karena masih banyak jalan untuk jadi orang yang berhasil dan bahagia.

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.