Menu Makanan Khas Lebaran Paling Populer di Indonesia

makanan khas lebaran

Lebaran merupakan hari yang paling ditunggu setelah sebulan berpuasa di bulan ramadhan. Ada banyak persiapan yang biasanya umat Islam lakukan mulai dari beberes rumah, menata ulang isi rumah, belanja baju lebaran, sepatu hingga dekorasi rumah spesial lebaran. Ada satu lagi yang nggak kalah menarik yakni membuat kue kering, kue basah maupun makanan khas lebaran lainnya. Lebaran jadi momen untuk kumpul bersama keluarga besar sambil icip-icip makanan khas lebaran. Yuk simak kali ini kita akan mengulas menu makanan khas lebaran paling populer di Indonesia:

Menu makanan khas lebaran

1. Ketupat

Ketupat merupakan menu wajib yang harus tersedia di meja makan saat hari lebaran. Ketupat ini biasanya dibuat dari daun kelapa yang dianyam menjadi ketupat kemudian diisi dengan beras. Lalu direbus dalam waktu yang cukup lama. Ornamen yang berbentuk ketupat ini pun sering digunakan untuk dekorasi saat menyambut hari lebaran.

Ketupat

2. Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Meskipun di rumah makan padang sudah pasti menjual hidangan ini di hari biasa meski tidak sedang berlebaran. Namun hidangan yang satu ini sayang sekali jika dilewatkan. Rendang termasuk hidangan utama saat lebaran. Biasanya rendang ini dimasak dengan rempah-rempah ditambah santan dan daging sapi. Proses memasak rendang ini biasanya memakan waktu berjam-jam sehingga untuk disajikan di meja makan saat lebaran biasanya rendang ini dimasak sehari sebelum lebaran. Dimasak hingga bumbunya meresap dan berwarna kecoklatan.

3. Opor ayam

Opor ayam

Sama halnya dengan rendang, opor ayampun jadi salah satu hidangan utama di hari lebaran. Biasanya opor ayam ini dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang ditambahkan santan kemudian dimasukkan ayam. Dimasak agak lama hingga bumbu meresap. Hidangan inipun biasanya dimasak sehari sebelum hari lebaran.

4. Lepet Ketan

Lepet ketan

Beralih ke daerah Sumatera Selatan, lepet ketan juga jadi satu makanan favorit saat lebaran. Lepet ketan dimasak dengan menggunakan daun pisang atau juga bisa dengan daun lain yang tentunya sudah dibersihkan yang diisi dengan ketan yang dicampur santan (dikukus terlebih dahulu). Hidangan ini biasanya dimakan bersama dengan opor ayam maupun rendang daging.

5. Kue basah maksuba

Kue maksuba

Kue basah maksubah ini merupakan kue khas lebaran yang berasal dari kota Palembang. Kue ini cukup rumit jika harus dimasak sendiri karena harus dipanggang selapis-lapis tiap adonannya. Oleh karena itulah kue basah ini biasanya dijual cukup mahal karena proses pembuatannya yang lama dan rumit selain itu kue ini memiliki rasa yang khas. Kue ini dibuat dengan campuran telur, susu, dan gula.

6. Rawon

Rawon

Rawon juga termasuk salah satu hidangan yang biasanya tersaji saat lebaran. Daging yang dipakai untuk memasak rawon ini merupakan daging sapi yang dipotong kecil-kecil yang dicampur dengan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabe, kluwek, garam, dan minyak nabati. Rawon dikenal sebagai sup daging dengan kuah berwarna hitam. Hidangan ini biasanya disajikan bersama dengan nasi putih dan timbahkan touge, telor asin, daun bawang dan kerupuk di atasnya.

7. Sate Madura

Pasti kalian tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Sate Madura juga cocok untuk dihidangkan saat kumpul bersama keluarga. Rasanya yang cenderung manis dari saus kacangnya, ditambah dengan bawang goreng, acar, dan lontong akan menambah nikmatnya hidangan ini.

Sate Madura

8. Sop Daging

Sop daging dengan bahan utama daging sapi yang dipadukan dengan rempah-rempah memang memiliki rasa yang nikmat. Hidangan ini termasuk hidangan wajib saat berlebaran. Apalagi jika disantap saat masih panas kuahnya memang selalu menggugah selera.

Sop daging sapi

Itulah menu makanan khas lebaran paling populer di Indonesia. Apapun hidangan pilihanmu di hari raya, persiapan yang paling utama. Persiapan bahan dan resep makanan yang ingin dibuat dan disajikan esok hari. Agar makanan yang disajikan bisa benar-benar dinikmati bersama keluarga besar.

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.