Tips Ngabuburit Selama Pandemi

melakukan hobi

Menunggu waktu untuk berbuka dapat kita manfaatkan dengan melakukan hal – hal positif yang kita sukai dan bermanfaat untuk kita. Di artikel ini kita akan membahas beberapa tips ngabuburit selama pandemi:

1. Memasak

Memasak

Tips ngabuburit yang pertama ini biasannya sering dilakukan oleh wanita, namun tak jarang pula laki laki ikut serta dan mengisi waktu sebelum berbuka nya dengan memasak. Tips memasak ini dapat dilakukan pada waktu menjeang berbuka seperti waktu di atas sholat asar. Kita dapat mencoba berbagai masakan yang ingin kita buat, kita juga dapat membagi tiap keuarga untuk membuat masakan sesuai yang diinginkan. Tips ngabuburit ini bermanfaat karena olahan masakan nya dapat di hidangkan saat berbuka.

2. Tadarus

Tadarus

Menjalankan ibadah puasa seperti kurang rasannya bila kita tidak melakukan kegiatan keagamaan, salah satunya adalah dengan membaca Al – Qur’an atau tadarus, salah satu tips ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu sebelum berbukan. Dengan membuat jadwal harian untuk mendapatkan target khatam Al – Qur’an maka waktu bulam ramadhan ini akan lebih bermanfaat dan berkesan.

3. Bermain

Membuat kerajinan tangan

Bermain disini dapat dilakukan bersama teman dekat rumah, maupun bermain sendiri di rumah. Jika bermain dengan teman dekat rumah dapat di lakukan seperti bermain sepak bola, layang – layang, dan permainan lainnya. Namun ketika bermain sendiri di rumah dapat dilakukan seperti bermain game, bermain mainan yang ada bahkan dapat membuat suatu karya kerajinan. Namun ingat mengisi waktu ngabuburit dengan bermain juga ada batasannya.

4. Video call

Video call

Tips ini dapat dilakukan ketika ingin berkomunikasi dengan teman yang rumahnya berjarak jauh dengan kita, dengan video call kita dapat menyatukan yang jauh dan dapat berkomunikasi, untuk topik pembicaraannya dapat memilih sesuai dengan keinginan, kita juga dapat mengisi topik pembicaraan video call dengan berbagi pengalaman dan juga bercerita tentang agama. Namun usahakan ketika video call dengan teman untuk megurangi topik mengenai ghibah atau mengomongkan keburukan orang, yang akan mengurangi pahala kita nantinya.

5. Menonton film religi

Menonton film religi

Dengan menonton film religi kita akan merasa bahwa waktu ngabuburit akan terihat santai dan menikmati film yang kita lihat, dengan menonton film reigi kita akan mendapat peajaran baru dan pastinya dari film yang kita lihat akan mendapatkan motivasi yang ada pada film. Adapun beberapa rekomendasi film religi meliputi Muhammad: The Messenger of God (2015), Haji Backpacker (2014),Di Bawah Lindungan Ka’bah (2011), Le Grand Voyage (2004), Tauhid (1964), ayat – ayat cinta, perempuan berkalung sorban (2009), mencari hilal (2015), 99 cahaya di langit eropa (2013), ketika cinta bertasbih (2009), surga yang tak di rindukan (2015),Assalamualaikum beijing (2014), 99 nama cinta, sabyan menjemput mimpi (2019), zharfa (2019), dan ustad milenial.

6. Melakukan hobi

Melakukan hobi yang bermanfaat

Dengan melakukan kegemaran kita maka waktu akan terasa lebih cepat berlalu, kita dapat melakukan hal – hal positif yang kita sukai, hobi setiap orang berbeda – beda ada yang lebih suka melakukan hobi di rumah dan ada pula yang diluar rumah. Namun jika di tengah pandemi ini untuk yang memiliki hobi di luar rumah maka dapat di atasi dengan membuat suasana atau fasilitas yang sama seperti di luar. Dan akan lebih baik apabil hobi dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat seperti contohnya membuat karya kemudian di jual, dan lain sebagainya.  

Itulah tips ngabuburit selama pandemi, semoga setiap aktivitas yang kita lakukan di bulan ramadhan ini bernilai pahala. Amiin

Bagikan:

Picture of Arum

Arum

Picture of Arum

Arum

hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.