7 Ide Dekorasi Unik Menjelang 17 Agustus

dekorasi 17 agustus

Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, semangat nasionalisme merajai seluruh lapisan masyarakat. Tak hanya para pejabat dan pelajar, masyarakat umum juga ikut merayakan dengan berbagai cara, salah satunya adalah mendekorasi rumah dan lingkungan sekitar. 

Terkadang dekorasi di lingkungan juga turut serta dilombakan untuk memeriahkan agustusan. Yang paling kreatif, biasanya yang akan menjadi pemenangnya. Jika kalian ingin merayakan momen bersejarah ini dengan lebih meriah, berikut adalah 7 ide dekorasi unik untuk memeriahkan suasana di sekitar kalian! 

1. Dekorasi Warna-Warni dari Gelas Bekas 

Jika ingin membuat hiasan atau dekor untuk lingkungan di sekitar rumah kalian, maka tidak perlu mahal-mahal. Dengan barang-barang bekas, kalian bisa membuat berbagai macam dekorasi yang menarik untuk memeriahkan agustusan di lingkungan rumah, sekolah atau perkantoran. 

Sebagai contoh, kalian bisa membuat dekorasi warna-warni gantung dari gelas plastik bekas. Kumpulkan gelas-gelas plastik yang sudah tidak terpakai, kemudian warnai dengan cat warna putih dan merah. Setelah itu kalian bisa melubangi bagian bawahnya, untuk digantung atau dirangkai menggunakan tali. 

Untuk contoh menggantungnya, kalian bisa lihat di gambar ya! Untuk membuatnya menarik, kalian juga bisa menambahkan lampu di bagian dalamnya! 

2. Hiasan Balon Merah Putih 

Jika kamu tidak ada waktu untuk membuat dekorasi agustusan, maka tidak usah khawatir. Biasanya menjelang bulan Agustus banyak orang yang menjual balon dengan tema Agustusan, seperti yang ada pada gambar. 

Kamu bisa membeli berbagai model balon dengan tema 17 Agustus dan ornamen-ornamen lainnya. Kemudian tinggal dirangkai dan ditempelkan pada bagian yang kalian inginkan saja. Ini simple, namun hasilnya akan tetap menarik!

3. Hiasan Rumbai-Rumbai Merah Putih

7 ide dekorasi unik untuk memeriahkan suasana di sekitar kalian yang selanjutnya adalah hiasan rumbai-rumbai merah putih. Selain membeli balon atau ornamen jadi lainnya, kalian bisa membuat ornamen sendiri dengan mudah di rumah! 

Kantong plastik bisa kalian jadikan dekorasi unik seperti yang ada pada gambar di atas. Kalian cukup menyiapkan bahan-bahan berupa kantong plastik atau kresek warna putih, merah, dan juga tali rafia sebagai pengikatnya. Voila, jadi ornamen yang siap kalian pajang untuk memeriahkan agustusan! 

4. Hiasan Kipas Merah Putih 

Hiasan selanjutnya yang bisa kalian buat adalah origami kertas berwarna merah putih. Bahan-bahan yang perlu kalian siapkan adalah kertas lipat berwarna merah dan putih. Namun jika ingin lebih tebal, kalian bisa menggunakan kertas asturo atau kertas bufalo yang bahannya lebih tebal. 

Jika sudah menyiapkan bahan, langkah selanjutnya adalah melipat-lipat tiap bagian kertas hingga membentuk kipas seperti pada gambar. kemudian lem bagian ujungnya supaya rekat. Kalian bisa membuat ini banyak, kemudian ditempelkan menjadi satu rangkaian menggunakan tali, atau bisa ditempelkan di dinding saja.

5. Hiasan Kertas Krep Merah Putih di Langit-Langit 

Dekorasi yang satu ini cukup mudah untuk dibuat karena kita tidak perlu merangkainya seperti dekorasi-dekorasi yang lain. Untuk membuat ruangan kelas atau ruangan kantor menjadi lebih semarak dalam menyambut 17 Agustus, maka kalian bisa memanfaatkan kertas krep berwarna merah-putih untuk kalian tempelkan di langit-langit ruangan. 

Hasilnya akan sangat cantik seperti yang ada pada gambar, dijamin akan memeriahkan suasana agustusan di lingkungan kalian! 

6. Hiasan Lampion Merah Putih 

Untuk menambah kesan yang unik, kamu juga bisa membuat hiasan berbentuk lampion seperti yang ada gambar. Pastikan bahwa kamu menggunakan kertas warna merah putih untuk melambangkan bendera Indonesia. 

Kalian bisa menggantungkan bendera warna merah putih di sekitar lingkungan kalian untuk menambah kesan meriah! 

7. Dekorasi Bendera Merah Putih

Perayaan ulang tahun atau kemerdekaan Indonesia tentu saja tidak lengkap jika tanpa bendera merah putih. Daripada membelinya, kalian bisa membuat hiasan bendera merah putih dengan kertas warna merah dan putih. Kemudian dapat menempelkannya di depan pintu atau di tempat yang kalian inginkan. 

Itu tadi beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 7 ide dekorasi unik untuk memeriahkan suasana di sekitar kalian! Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semuanya ya!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.