Mudik Gratis 2023, Begini Syarat dan Ketentuannya!

mudik gratis 2023

Untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H di tahun 2023, Kementerian Perhubungan kembali menggelar mudik gratis 2023. Program mudik gratis tersebut sudah dibuka pada tanggal 13 Maret 2023 kemarin, dengan rute tujuan ke berbagai kota di Indonesia. Apakah kamu penasaran bagaimana cara mendapatkan kuota mudik gratis 2023 dari Kemenhub?

Mudik gratis 2023 Kemenhub ini memiliki rute dari Jakarta menuju 28 tujuan. Meliputi rute, di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung, sampai Sumatera Selatan. Sementara, untuk arus kembali mudik sendiri, akan ada angkutan gratis yang meliputi 8 kota di Pulau Jawa. Adapun tanggal untuk keberangkatannya mulai 18-19 April 2023 mendatang.

Selain itu, pendaftaran mudik gratis 2023 dari Kemenhub hanya bisa dilakukan melalui sebuah aplikasi bernama MitraDarat. Kemenhub juga mengungkapkan beberapa persyaratan mudik gratis tahun 2023 yang harus dipenuhi oleh masyarakat jika ingin bergabung program tersebut.

Syarat dan Ketentuan Mudik Gratis 2023

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi masyarakat jika menginginkan mudik gratis tahun 2023 dari Kemenhub, meliputi;

  1. Calon peserta mudik gratis wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar, misalnya seperti KTP, SIM, KK.
  2. Calon peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik saja.
  3. Bagi peserta yang mengikuti arus mudik balik, pendaftarannya dilakukan bersamaan saat mendaftar arus mudik. Akan tetapi, dengan catatan kota tujuan mudik yang dipilih harus ada pilihan kota untuk arus baliknya. Bahkan, peserta hanya bisa mengikuti arus balik saja, sesuai dengan kota tujuan arus mudik.
  4. Peserta diberikan waktu H+7 dari tanggal pendaftaran untuk melakukan proses registrasi dan validasi ulang di posko yang ditentukan.
  5. Jika validasi melewati H+7, maka peserta tidak bisa melakukan validasi ulang serta data peserta dianggap gugur atau hangus. Dengan demikian, kuota akan otomatis bertambah. Sehingga, Pemerintah akan menambah Anggaran untuk Mudik Gratis Lebaran di 2023. Bahkan, peserta yang tidak melakukan validasi ulang, maka tidak akan bisa mendaftar ulang dikarenakan NIK nya telah diblok oleh sistem. Hal tersebut dilakukan, agar bisa memberikan kesempatan pada peserta lain, untuk bisa mendaftar atau yang belum mendapatkan kuota mudik/balik.
  6. Peserta yang mudik kemudian balik dengan menggunakan sepeda motor. Maka, wajib untuk membawa kelengkapan surat kendaraan dan menyerahkan motornya sesuai dengan tanggal yang ditentukan, yaitu H-1 sebelum tanggal seremonial bus.
  7. Peserta mudik gratis harus sehat jasmani dan rohani saat keberangkatan arus mudik ataupun balik.
  8. Peserta mudik lebaran 2023 diwajibkan datang minimal 1 jam sebelum keberangkatan.

Daftar di Aplikasi Mitra Darat

Nah, untuk cara pendaftaran mudik gratis dari Kemenhub tersebut, bisa dilakukan melalui sebuah aplikasi MitraDarat, yang bisa kamu unduh melalui PlayStore atau AppStore. Untuk calon peserta mudik gratis tahun 2023 diwajibkan membuat akun dan login ke aplikasi MitraDarat dulu. Setelah peserta masuk ke dalam aplikasi tersebut, baru lah peserta dapat mendaftarkan diri. Untuk panduan caranya, seperti dibawah ini:

  1. Klik tombol ikon Mudik Gratis, pada dashboard aplikasi.
  2. Kemudian, pilih titik awal keberangkatan dan tujuan mudik.
  3. Berikutnya, pilih armada mudik yang sesuai.
  4. Isi identitas data diri calon penumpang.
  5. Yang terakhir, silahkan klik selesaikan pesanan.

Itulah langkah-langkah mendapatkan kuota mudik gratis 2023 dari Kemenhub. Bagi anak rantau program ini sangat penting, bahkan recommended. Hal ini dikarenakan mereka tidak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk membeli tiket saat mudik.

Bagikan: