Martabak Har di Jawa Timur

Martabak har

Indonesia dikenal dengan keberagamannya mulai dari budaya, agama bahkan bahasa. Setiap wilayah memiliki ciri khas sendiri-sendiri keberagaman yang sering muncul berupa keberagaman dari segi bahasa dan makanan khas. Misalnya saja di salah satu kota di pulau Sumatera yakni Kota Palembang. Kota Palembang merupakan ibu kota dari provinsi Sumatera Selatan. Makanan khas yang paling terkenal dari kota ini adalah pempek, akan tetapi tidak hanya itu ada banyak makanan lain yang mudah di dapat saat berada di Kota Palembang tapi cukup sulit ditemui ketika berada di seberang pulau. Contohnya martabak kuah kare atau lebih dikenal dengan nama martabak har.

Saat berada di Kota Palembang kita bisa dengan mudah menemukan restoran yang menjual martabak har ini, bahkan banyak pula ruko-ruko kecil yang menjual makanan ini. Namun ketika kita menjadi perantau di kota seberang sulit menemukan pedagang ataupun resto yang menjual martabak har.

Martabak har merupakan makanan yang berbahan dasar tepung yang dimasak diatas penggorengan dengan api yang besar dan di dalam adonan tersebut ditambahkan telur dan ditutup dengan tepung lagi. Hampir semua martabak har rasanya sama hanya saja yang membedakan adalah kuah karenya. Tiap penjual martabak har pasti menyajikan martabak bersama kuah kare dengan cita rasa yang berbeda-beda.

Setelah search di google, aplikasi jasa antar makanan hingga marketplace kita tidak kunjung menemukan penjual martabak har di daerah Jawa Timur. Sempat ada di daerah Surabaya (marketplace) itu pun dijual dengan harga yang nggak masuk akal.

Akhirnya setelah penantian yang cukup lama kita menemukan kedai yang menjual martabak har tapi di Jawa Timur. Dan benar aja di sini menjual hampir semua jajanan khas Palembang. So excited! Namanya Kedai Pempek Pildacil. Kedai ini berlokasi di Jl. KH Mukmin No.34, Kapasan, Sidokare, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Buru-buru masuk ke kedainya dan langsung pilih martabak har yang sudah sejak lama kita incar.

Menu di Kedai Pempek Pildacil

Nggak butuh waktu lama martabak har disajikan di hadapan kami. Dengan seantusias itu aku memfoto makanan kita untuk aku share kepada kalian semua agar kalian tau kalo di Jawa Timur juga ada lho yang jual jajanan khas Palembang.

Menu di Kedai Pempek Pildacil

Well kita langsung menyantap martabak har yang udah dihadapan kita. Soal harga kalian nggak perlu terlalu khawatir untuk 1 porsi martabak kuah kare (martabak har) dibandrol dengan harga Rp. 25.000 aja. Nggak cuma itu di sini juga menjual makanan/jajanan khas Palembang lainnya lho seperti pempek, pindang patin, dan masih banyak lagi.

Kita ulas sedikit soal rasa martabak harnya, kalo harus kita kasih rate 8,5/10 karena emang beberapa item ada yang kurang. Misalnya saja potongan daging yang biasanya tercampur dengan kuah karenya kali ini nggak ada. Akan tetapi, hal itu tidak mengurangi dari segi rasa dan kenikmatan tiap suapannya.

Bagi yang penasaran sama menu yang ada di sini aku langsung share foto buku menunya ya berikut dengan harganya. Untuk anak rantau asal Palembang dan sekitarnya yang saat ini berada di Jawa Timur kalian bisa mengobati rindu dengan makanan khas Palembang ini dengan mampir ke Kedai Pempek Pildacil. Kedai ini berada di pusat kota Sidoarjo depan jalan raya jadi nggak sulit untuk menemukan kedainya.

Menu di Kedai Pempek Pildacil

Itulah sedikit ulasan mengenai martabak har yang ternyata ada juga di Jawa Timur. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.