25 Ide Resep Menu Buka Puasa Sederhana, Praktis dan juga Enak!

resep menu buka puasa

Bulan Ramadan adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Selain menjadi bulan penuh berkah dan ampunan, Ramadan juga menjadi momen di mana umat Islam berpuasa dari terbit matahari hingga terbenamnya. Tradisi berbuka puasa menjadi saat yang istimewa bagi keluarga dan teman-teman untuk berkumpul dan menikmati hidangan lezat setelah seharian menahan lapar dan haus.

Untuk membantu Anda merencanakan hidangan buka puasa yang istimewa, kami telah merangkum 25 ide resep menu buka puasa sederhana, praktis, dan tentu saja enak yang dapat disajikan untuk mengisi meja makan Anda:

1. Sup Ayam

Hangatkan tubuh Anda dengan sup ayam yang lezat dan menyehatkan. Tambahkan potongan ayam, wortel, kentang, dan sejumput bumbu untuk rasa yang kaya.

2. Bubur Lambuk

Hidangan bubur khas Ramadan ini terbuat dari beras, daging, dan rempah-rempah yang dijamin membuat Anda merasa kenyang dan puas.

3. Kebab

Siapkan kebab dengan daging cincang yang diolah bersama rempah-rempah, bawang, dan rempah khas Timur Tengah. Sajikan bersama roti pita dan saus yogurt.

4. Es Kolak

Segar dan manis, es kolak terbuat dari pisang, ubi, dan biji-bijian yang dimasak dalam santan dan gula. Sajikan dingin untuk menyegarkan tenggorokan setelah berpuasa.

5. Mie Goreng

Mie goreng yang sederhana namun nikmat pasti menjadi favorit di meja makan. Tambahkan potongan daging atau seafood untuk variasi rasa.

6. Rendang

Masakan khas Minang yang kaya rempah ini tentu tidak boleh absen. Daging rendang yang empuk dan beraroma kaya akan membuat buka puasa Anda menjadi lebih istimewa.

7. Dadar Gulung

Sajikan dadar gulung dengan isian gula kelapa yang manis. Hidangan penutup ini mudah dibuat dan disukai oleh semua anggota keluarga.

8. Sate Ayam

Sate ayam dengan bumbu kacang khas Indonesia adalah pilihan yang sempurna untuk memulai hidangan buka puasa Anda.

9. Salad Buah

Untuk hidangan ringan dan menyegarkan, sajikan salad buah segar dengan siraman sari buah dan sedikit madu.

10. Nasi Kebuli

Nasi kebuli dengan aroma rempah yang kaya dan potongan daging domba yang empuk pasti akan memanjakan lidah Anda.

11. Es Campur

Hidangan es campur yang beragam dengan potongan buah, agar-agar, dan sirup adalah cara yang sempurna untuk menyegarkan diri setelah seharian berpuasa.

12. Ayam Goreng

Siapkan ayam goreng renyah yang digoreng dengan sempurna. Sajikan dengan nasi hangat dan sambal untuk pengalaman makan yang memuaskan.

13. Lontong Sayur

Lontong sayur dengan kuah santan yang kental dan potongan sayuran segar adalah hidangan yang cocok untuk mengisi perut setelah berpuasa.

14. Bakso

Bakso kuah yang panas dengan bola daging yang kenyal adalah pilihan yang nyaman dan memuaskan untuk hidangan berbuka.

15. Pisang Goreng

Siapa yang bisa menolak pisang goreng yang renyah dan manis? Hidangkan dengan saus cokelat atau keju parut untuk variasi rasa yang menggugah selera.

16. Nasi Goreng

Nasi goreng yang gurih dengan potongan daging, sayuran, dan telur adalah hidangan yang praktis dan enak untuk berbuka puasa.

17. Martabak

Martabak manis atau asin pasti akan membuat hidangan buka puasa Anda menjadi lebih istimewa. Isian cokelat, keju, atau daging sesuai dengan selera Anda.

18. Puding

Sajikan puding buah atau puding cokelat sebagai hidangan penutup yang lezat dan menyegarkan.

19. Gado-Gado

Salad khas Indonesia ini terdiri dari campuran sayuran segar yang disiram dengan saus kacang kental dan bumbu rempah yang lezat.

20. Roti Canai

Roti Canai yang lembut dan renyah, disajikan dengan kuah kari atau saus sambal, pasti akan memuaskan selera Anda.

21. Sayur Lodeh

Sayur lodeh dengan kuah santan yang kental dan potongan sayuran yang segar adalah hidangan yang cocok untuk mengisi perut Anda setelah berpuasa.

22. Tahu Goreng

Tahu goreng yang renyah dengan saus kecap atau sambal adalah hidangan ringan yang nikmat untuk berbuka puasa.

23. Kolak Pisang

Kolak pisang yang manis dan lembut adalah hidangan penutup yang sempurna untuk menyudahi hidangan berbuka puasa Anda.

24. Sop Kambing

Sop kambing dengan aroma rempah yang kaya dan potongan daging yang lembut pasti akan menghangatkan tubuh Anda setelah berpuasa seharian.

25. Es Teh Manis

Akhiri hidangan buka puasa Anda dengan segelas es teh manis yang segar dan menyegarkan.

Itulah 25 ide resep menu buka puasa sederhana, praktis, dan tentu saja enak untuk hidangan buka puasa. Semoga hidangan-hidangan ini dapat memperkaya pengalaman berpuasa Anda dan meningkatkan kedekatan keluarga Anda selama bulan Ramadan. Selamat menikmati berbuka puasa!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.