15 Barang yang Wajib ada dalam Seserahan Pernikahanmu

seserahan pernikahan

Pernikahan adalah momen yang penuh kebahagiaan dan memerlukan persiapan matang, termasuk dalam hal seserahan. Seserahan tidak hanya sebagai tradisi, tetapi juga sebagai wujud perhatian dan doa dari keluarga kepada pasangan yang akan menempuh hidup bersama. Berikut adalah 15 barang yang wajib ada dalam seserahan pernikahanmu membawa simbol kekayaan, keindahan, dan kebersamaan.

1. Mahar atau Mas Kawin

Mahar adalah uang atau harta yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai simbol tanggung jawab dan niat baik untuk membina rumah tangga. Mahar juga sebagai bentuk penghargaan pihak laki-laki kepada calon mempelai perempuan. Mahar bersifat wajib dengan jumlah yang dibebaskan. Besarnya mahar disesuaikan dengan kemampuan pihak laki-laki agar tidak memberatkan, selain itu juga tidak merendahkan calon mempelai perempuan. Mahar menjadi simbol kekayaan yang akan dimiliki bersama dalam kehidupan pernikahan.

2. Sepasang Cincin Pernikahan

Sepasang cincin pernikahan adalah simbol ikatan abadi dan kesetiaan antara suami dan istri. Pilih cincin yang sesuai dengan selera dan budget, karena cincin ini akan menghiasi jari seumur hidup.

3. Set Perhiasan

Satu set perhiasan seperti cincin, gelang, kalung dan anting emas menjadi simbol kemewahan dalam pernikahan. Pernikahan yang bahagia dan sejahtera di dalam mahligai rumah tangga.

4. Gaun atau dress ( Pakaian)

Gaun atau dress adalah pilihan yang sangat penting. Pilih pakaian yang sesuai dengan selera calon mempelai perempuan. Gaun ini tidak hanya akan membuat pengantin tampak indah tetapi juga akan menjadi kenangan yang abadi.

5. Set Make Up

Set make up adalah investasi penting. Pastikan set makeup tersebut menyertakan produk berkualitas tinggi untuk menjaga penampilan pengantin selama acara dan sesi foto pernikahan.

6. Set Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi, seperti sabun, sampo, dan handuk, merupakan bagian penting dari seserahan. Pilih produk perawatan tubuh yang berkualitas untuk menjaga kesehatan dan kebersihan pengantin.

7. Pakaian Dalam

Pakaian dalam yang cantik dan berkualitas tinggi adalah simbol keintiman dalam hubungan pernikahan. Sertakan beberapa set pakaian dalam yang elegan sebagai bagian dari seserahan.

8. Peralatan Sholat

Sertakan peralatan sholat sebagai simbol keimanan dan doa untuk keberkahan dalam pernikahan. Pilih sajadah, mukena, dan tas sholat yang indah dan berkualitas tinggi.

9. Al-Qur’an

Al-Qur’an adalah kitab suci dalam Islam. Sertakan Al-Qur’an dalam seserahan sebagai panduan hidup keluarga dan sebagai simbol keberkahan dalam pernikahan.

10. Sepatu Pernikahan

Sepatu pernikahan adalah bagian penting dari penampilan pengantin. Pilih sepatu yang nyaman dan sesuai dengan desain gaun pernikahan untuk menambah kesan elegan di setiap langkah.

11. Kue Kering

Sertakan kue kering sebagai simbol manisnya pernikahan. Pilih kue dengan desain yang cantik dan rasa yang lezat untuk disajikan kepada tamu-tamu yang datang.

12. Cake Spesial

Cake spesial adalah simbol perayaan acara lamaran. Pilih desain yang sesuai dengan tema acara dan pastikan rasanya memuaskan selera pengantin dan keluarga.

13. Sprei dan Selimut

Sprei dan selimut berkualitas tinggi adalah simbol kenyamanan di tempat tidur bersama. Pilih motif yang sesuai dengan selera pengantin untuk menambah kehangatan di dalam kamar tidur.

14. Hijab

Hijab adalah simbol keanggunan dan kesopanan bagi perempuan muslim. Sertakan hijab yang indah sebagai bagian dari seserahan untuk melengkapi penampilan pengantin.

15. Tas

Sertakan tas dengan desain yang elegan dan fungsional. Tas ini dapat digunakan sehari-hari oleh pengantin untuk membawa perlengkapan pribadi mereka dengan gaya.

Dengan memasukkan 15 barang yang wajib ada dalam seserahan pernikahanmu ini, kamu tidak hanya memberikan hadiah, tetapi juga menyampaikan pesan cinta, kekayaan, dan doa untuk kehidupan pernikahan yang bahagia. Setiap barang membawa makna dan simbol yang mendalam, menciptakan fondasi kuat untuk memulai perjalanan hidup bersama yang penuh kebahagiaan dan keberkahan.

Bagikan: