Cara Membuat Donat Rumahan Empuk dan Lembut!

cara membuat donat

Donat merupakan salah satu camilan yang sangat disukai oleh banyak orang, baik untuk sarapan, cemilan sore, atau sekadar menemani secangkir kopi atau teh. Salah satu hal yang membuat donat begitu istimewa adalah keempukan dan kelembutannya. Jika Anda ingin mencoba membuat donat rumahan yang empuk dan lembut. Berikut adalah cara membuat donat rumahan empuk dan lembut!

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram gula pasir
  • 200 ml susu cair hangat
  • 2 butir telur
  • 50 gram mentega, lelehkan
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak untuk menggoreng
  • Topping sesuai selera (gula halus, selai, cokelat leleh, dll.)

Cara Membuat:

1. Persiapkan Bahan dan Alat

Pastikan semua bahan dan alat yang diperlukan sudah siap. Siapkan juga wadah besar untuk menguleni adonan dan loyang untuk meletakkan donat yang sudah dibentuk.

2. Aktivasi Raginya

Campurkan ragi instan ke dalam susu hangat dan diamkan selama beberapa menit hingga ragi mengembang dan berbusa. Proses ini akan mengaktifkan ragi dan memastikan donat Anda mengembang dengan baik.

3. Campur Bahan Kering

Di wadah besar, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam. Aduk rata dengan spatula atau sendok kayu.

4. Tambahkan Bahan Cair

Setelah ragi mengembang, tuangkan campuran susu dan ragi ke dalam campuran tepung terigu. Tambahkan juga telur dan mentega leleh.

5. Uleni Adonan

Gunakan tangan untuk menguleni adonan hingga menjadi adonan yang elastis dan tidak lengket di tangan. Jika adonan terlalu kering, tambahkan sedikit susu hangat. Jika terlalu basah, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit.

6. Fermentasi Adonan

Tutup wadah adonan dengan kain bersih atau plastik cling wrap dan diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat. Proses fermentasi ini penting untuk membuat donat menjadi empuk dan berongga.

7. Pembentukan Donat

Setelah adonan mengembang, tuangkan adonan ke permukaan datar yang telah ditaburi tepung terigu. Gulung adonan dengan rolling pin hingga tebal sekitar 1 cm. Gunakan cetakan donat untuk memotong adonan menjadi bentuk donat. Letakkan donat yang sudah dibentuk di atas loyang dan biarkan mengembang lagi selama kurang lebih 30 menit.

8. Goreng Donat

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng donat dalam minyak panas hingga kedua sisi berwarna kuning keemasan, sekitar 2-3 menit per sisi. Pastikan minyak cukup banyak untuk menutupi donat seluruhnya.

9. Tiriskan dan Hias

Setelah donat matang, angkat dan tiriskan dari minyak dengan menggunakan saringan atau tisu dapur. Biarkan donat dingin sebentar sebelum memilih topping sesuai selera, seperti gula halus, selai, atau cokelat leleh.

10. Nikmati Donat Anda

Donat rumahan empuk dan lembut siap untuk dinikmati! Sajikan dengan secangkir kopi atau teh hangat untuk menikmati sensasi camilan yang sempurna.

Dengan mengikuti cara membuat donat rumahan empuk dan lembut di atas, Anda dapat membuat donat rumahan seperti yang biasa Anda temui di toko roti favorit Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.