20 Cara Menghilangkan Jerawat, Dijamin Ampuh!

cara menghilangkan jerawat

Jerawat seringkali menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang, baik remaja maupun dewasa. Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti perubahan hormon, pola makan yang tidak sehat, stres, dan kurangnya perawatan kulit. Bagi yang mengalami jerawat, mencari cara yang efektif untuk menghilangkannya tentu menjadi prioritas. Berikut adalah 20 cara menghilangkan jerawat yang dijamin ampuh!

1. Membersihkan Wajah Secara Teratur

Membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan pembersih yang lembut dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori, mencegah timbulnya jerawat.

2. Hindari Memencet Jerawat

Memencet jerawat dapat memperparah kondisi dan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Lebih baik biarkan jerawat tersebut hilang dengan sendirinya.

3. Konsumsi Air yang Cukup

Minum air yang cukup setiap hari dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh dan menjaga kelembapan kulit, sehingga membantu mengurangi kemunculan jerawat.

4. Rutin Mengganti Sarung Bantal dan Handuk

Bakteri dapat berkembang biak di sarung bantal dan handuk yang kotor, sehingga menggantinya secara teratur dapat membantu menjaga kebersihan kulit.

5. Hindari Kosmetik yang Mengandung Minyak

Pilihlah kosmetik yang bersifat non-komedogenik dan bebas minyak agar tidak menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

6. Gunakan Pelembap Non-Komedogenik

Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit, namun pastikan memilih produk yang tidak akan menyebabkan timbulnya jerawat.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang mengandung banyak serat, vitamin, dan antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi kemunculan jerawat.

8. Hindari Makanan yang Memicu Jerawat

Sebagian orang rentan terhadap makanan tertentu yang dapat memicu jerawat seperti makanan berlemak, makanan pedas, dan produk susu. Hindarilah makanan tersebut jika Anda merasa jerawat Anda bertambah parah setelah mengonsumsinya.

9. Gunakan Produk dengan Bahan Aktif

Produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide dapat membantu mengurangi peradangan dan mengeringkan jerawat.

10. Hindari Stres Berlebihan

Stres dapat memicu produksi hormon yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Cobalah untuk mengelola stres dengan olahraga, meditasi, atau aktivitas yang menyenangkan.

11. Gunakan Masker Lumpur atau Masker Wajah Khusus

Masker lumpur atau masker wajah khusus untuk kulit berjerawat dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih.

12. Gunakan Es Batu

Pegang es batu dengan kain bersih dan tempelkan pada area jerawat selama beberapa detik untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan.

13. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari dapat memicu produksi minyak berlebih dan membuat jerawat semakin parah. Gunakan tabir surya setiap kali beraktivitas di luar ruangan.

14. Cuci Muka Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, bersihkan wajah Anda dengan lembut untuk menghilangkan keringat dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori.

15. Jaga Keseimbangan Hormon

Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami masalah jerawat yang parah, terutama jika jerawat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

16. Rutin Lakukan Skincare

Buatlah rutinitas perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan mencakup langkah-langkah seperti pembersihan, toner, serum, dan pelembap.

17. Hindari Sentuhan Tangan yang Berlebihan pada Wajah

Sentuhan tangan yang kotor dapat memindahkan bakteri dan minyak ke wajah, sehingga hindarilah menyentuh wajah secara berlebihan.

18. Gunakan Tisu Minyak

Jika kulit Anda cenderung berminyak, gunakan tisu minyak untuk menyerap kelebihan minyak di wajah tanpa mengganggu makeup.

19. Lakukan Perawatan Rutin di Salon

Sesekali, pergilah ke salon kecantikan untuk melakukan perawatan wajah seperti facial atau chemical peel yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi jerawat.

20. Tetap Sabar dan Konsisten

Perubahan tidak akan terjadi secara instan. Tetaplah konsisten dengan perawatan kulit Anda dan bersabarlah untuk melihat hasilnya.

Dengan menerapkan 20 cara menghilangkan jerawat di atas secara konsisten, dijamin jerawat Anda akan berangsur-angsur menghilang dan kulit akan kembali bersih dan sehat. Jaga kebersihan kulit dan pola hidup sehat untuk mencegah timbulnya jerawat di masa mendatang.

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.