Tips Memilih Kos-Kosan Untuk Mahasiswa Baru, Dijamin Betah!

Tips memilih kos-kosan

Banyak hal yang harus disiapkan ketika menjadi mahasiswa baru, terutama jika kamu kuliah di luar kota atau di luar domisili asal. Salah satu hal yang harus disiapkan adalah kos-kosan. Tentu saja sebagai mahasiswa baru harus memilih kos-kosan yang nyaman sehingga kita akan lebih mudah dalam beradaptasi. Berikut ini informasi mengenai tips memilih kos-kosan untuk mahasiswa baru yang wajib kamu ketahui sebagai maba!

1.   Memilih lokasi yang strategis

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika ingin memilih kos-kosan adalah memilih lokasi yang strategis. Sebaiknya pilih lokasi kos-kosan yang dekat dengan kampus, terutama untuk kamu yang tidak membawa kendaraan pribadi. Selain itu pilihlah kost-kostan yang dekat dengan tempat umum seperti minimarket, tempat makan, ATM, atau tempat belanja kebutuhan sehari-hari sehingga kamu akan lebih berhemat untuk biaya transportasi dan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari sebagai mahasiswa.

2.   Tentukan jenis kost yang akan kamu huni

Selain itu hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah tentukan jenis kos yang seperti apa yang akan kamu pilih. Apakah kamu akan memilih kos dengan fasilitas kamar mandi dalam atau kamar mandi luar, kamar mandi bersama, atau studio? Sehingga akan lebih mudah untuk menentukan kos ketika survey nanti.

3.   Menghitung anggaran

Selain itu jangan lupa juga untuk menghitung anggaran sebelum memilih kos-kosan. Pilihlah kosan yang sesuai dengan anggaran nantinya, ini akan membantu dalam menghemat pengeluaran dan bisa digunakan untuk kebutuhan yang lainnya. Perlu diingat bahwa tidak selalu kosan yang mahal adalah yang terbaik.

4.   Memperhatikan fasilitasnya

Tips memilih kos-kosan untuk mahasiswa baru yang ketiga adalah memperhatikan fasilitasnya. Jangan sampai kamu memilih kos-kosan yang terlalu murah atau mahal namun fasilitasnya tidak sesuai dan membuat kamu tidak nyaman. Pastikan terdapat berbagai fasilitas seperti tempat tidur, lemari, meja belajar, kamar mandi, dan juga dapur. Selain itu perhatikan juga kualitas fasilitas yang disediakan dan kebersihan kosan sebelum kamu memilih kosnya.

Kami sarankan supaya lebih baik kamu melakukan survey dulu, sehingga sebelum menempatinya kamu tahu apakah kira-kira kos yang akan kamu tempati membuat kamu nyaman atau tidak.

5.   Memperhatikan faktor keamanannya

Keamanan juga merupakan faktor yang penting ketika memilih kos-kosan. Pastikan bahwa kos yang akan kamu tempati ini memiliki sistem keamanan yang memadai seperti pintu yang bisa dikunci, CCTV, dan juga petugas keamanan. Selain itu, kamu juga perlu untuk memperhatikan lingkungan sekitar kos apakah aman atau tidak.

6.   Memperhatikan peraturan kos

Selain itu setiap kos-kosan pasti memiliki beberapa peraturan. Seperti tidak memperbolehkan lawan jenis untuk masuk ke kamar, atau ada jam malam tertentu. Bagi kamu yang mungkin merasa bahwa nanti akan sibuk, mungkin bisa mencari kos yang tidak membatasi jam malam sehingga akan lebih fleksibel dan tidak repot ketika pulang ke kos. Selain itu kamu juga harus lebih dulu tahu mengenai pembayaran, jam malam, dan aturan penggunaan fasilitas yang telah disediakan.

7.   Bertanya kepada penghuni kos lain

Kamu juga bisa bertanya kepada penghuni kos lain yang sudah tinggal di kos yang akan kamu pilih. Sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih akurat mengenai kondisi kos-kosan dan juga kehidupan disana.

Itu tadi beberapa informasi mengenai tips memilih kos-kosan untuk mahasiswa baru. Selamat menjadi mahasiswa baru ya!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.