Kehamilan Trimester 3: Keluhan, Cara Mengatasi, dan Tumbuh Kembang Janin

Kehamilan Trimester 3

Pada trimester ketiga, yang dimulai sekitar minggu ke-28 dan berlangsung hingga persalinan, merupakan periode yang penuh tantangan dan kegembiraan. Saat janin terus tumbuh dan berkembang, ibu hamil menghadapi berbagai keluhan khas kehamilan serta persiapan penting untuk persalinan yang akan datang.

Bagi kalian semua yang sudah masuk ke dalam trimester ketiga, maka wajib untuk mengetahui informasi mengenai keluhan, bagaimana cara mengatasinya, dan bagaimana tumbuh kembang janin di trimester ketiga ini. Simak lengkapnya di bawah ini! 

Keluhan Kehamilan Trimester Ketiga

Keluhan kehamilan sangat umum terjadi pada trimester ketiga, karena tubuh menjalani perubahan terakhir dalam persiapan melahirkan. Namun biasanya untuk keluhan-keluhan yang dialami beberapa tidak jauh berbeda dari keluhan di trimester awal. Berikut adalah beberapa keluhan yang mungkin kamu alami di kehamilan trimester ketiga: 

 1.   Nyeri punggung bagian bawah 

Rasa sakit di punggung umumnya terjadi dikarenakan berat badan yang bertambah dan pergeseran pusat gravitasi. Beban tambahan ini dapat menekan otot dan tulang belakang, sehingga menimbulkan rasa sakit.

2.    Kontraksi braxton hicks

Beberapa wanita merasa terjadi kontraksi palsu atau disebut juga kontraksi Braxton Hicks di trimester ketiga. Kontraksi ini adalah latihan otot rahim untuk persiapan kelahiran.

3.    Gangguan tidur 

Mungkin kamu akan merasa sulit tidur atau sulit menemukan posisi tidur yang nyaman, tentunya ini disebabkan oleh ukuran perut yang semakin membesar.

4.     Perasaaan gelisah 

Perubahan hormon, gangguan tidur dan stres menjelang kelahiran dapat mempengaruhi suasana hati, sehingga mungkin ada saatnya kamu merasa gelisah atau tidak tenang.

Cara Mengatasi Keluhan Trimester Ketiga

Selama trimester ketiga kehamilan, seringkali ibu hamil mengalami berbagai keluhan. Namun, dengan beberapa langkah sederhana, kamu bisa meredakan beberapa ketidaknyamanan ini. Berikut beberapa cara untuk mengatasinya:

1.  Olahraga ringan

Untuk mengatasi sakit punggung, cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti berenang atau yoga prenatal yang bisa membantu mengurangi tekanan pada punggung dan pinggul.

2.  Istirahat dengan posisi yang tepat

Kaki bengkak bisa diredakan dengan beristirahat dan mengangkat kakimu lebih tinggi. Hindari berdiri atau duduk dalam waktu lama tanpa pergerakan.

3.  Kontrol pernapasan

Jika kamu merasa sesak napas, cobalah teknik pernapasan lambat dan dalam. Teknik ini membantu memaksimalkan kapasitas paru-paru dan oksigenasi darah.

4.  Mengatur waktu minum

Mengatur waktu minum bisa membantu mengendalikan kebutuhan buang air kecil yang sering. Hindari minuman kafein yang dapat meningkatkan buang air kecil.

5.  Pilih posisi tidur yang nyaman

Posisi tidur yang tepat dapat membantu mengurangi sulit tidur. Cobalah tidur miring ke kiri dengan bantal di antara kedua lutut untuk mendapatkan kenyamanan maksimal.

Tumbuh Kembang Janin Trimester Ketiga

Pada minggu-minggu terakhir kehamilan, janin terus berkembang dengan pesat. Organ-organ penting seperti paru-paru, hati, dan sistem pencernaan telah berkembang sepenuhnya, dan mereka siap untuk mengambil peran mereka setelah kelahiran. Selama periode ini, janin juga terus menambah berat badan dan lapisan lemak, yang membantu menjaga suhu tubuh setelah lahir. Penting untuk dicatat bahwa janin akan menjadi semakin aktif dalam merasakan sekitarnya, dan kamu akan merasakan gerakannya dengan lebih kuat dan sering.

Selain itu, trimester ketiga adalah saat ketika janin mulai mempersiapkan diri untuk kelahiran. Janin akan menempatkan dirinya dalam posisi yang tepat untuk lahir, biasanya dengan kepala menghadap bawah. Proses ini dikenal sebagai “engagement.” Selama periode ini, rahim juga akan mengalami kontraksi Braxton Hicks yang dapat membantu melatih rahim untuk persalinan yang akan datang.

Itulah beberapa informasi mengenai kehamilan trimester 3 yakni keluhan secara umum, cara mengatasinya dan tumbuh kembang janin. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.