Kehamilan Trimester 2: Keluhan, Cara Mengatasi, dan Tumbuh Kembang Janin

Kehamilan Trimester 2

Trimester kedua kehamilan, yang biasanya dimulai pada minggu ke-14 dan berlangsung hingga minggu ke-27, membawa berbagai perubahan yang menarik dalam perkembangan janin dan pengalaman ibu hamil. Kali ini kami akan mengajak kalian semua membahas dengan lengkap tentang segala hal yang perlu kamu ketahui tentang kehamilan trimester kedua, termasuk keluhan yang mungkin kalian alami, cara mengatasinya, dan bagaimana janin tumbuh dan berkembang selama periode yang penting ini. 

Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya! 

Keluhan Kehamilan Trimester Kedua

Ketika memasuki trimester kedua kehamilan, tentu saja keluhan yang dialami oleh ibu hamil akan semakin meningkat. Berikut beberapa keluhan kehamilan yang mungkin kamu alami di trimester kedua: 

1. Pembengkakan kaki 

Memasuki trimester kedua, beberapa wanita mengalami pembengkakan kaki dan kaki bengkak. Untuk mengatasi ini, cobalah untuk mengangkat kaki saat beristirahat, kenakan sepatu yang nyaman, dan hindari berdiri atau duduk dalam posisi yang sama terlalu lama.

2. Sakit punggung 

Penambahan berat badan dan perubahan postur tubuh dapat menyebabkan sakit punggung selama trimester kedua. Penting untuk menjaga postur tubuh yang baik dan mempertimbangkan pijatan atau terapi fisik yang aman untuk mengurangi ketidaknyamanan.

3. Varises

Varises dapat muncul selama kehamilan karena tekanan pada pembuluh darah. Biasanya beberapa orang akan mengalami gejala ini saat masuk ke trimester kedua. 

4. Refluks asam lambung

Refluks asam lambung atau heartburn umum terjadi selama kehamilan. Kamu dapat menghindarinya dengan menghindari makanan pedas dan berlemak, makan dalam porsi kecil, dan tiduran dengan kepala yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

5. Sembelit 

Untuk mengatasi sembelit, pastikan kamu mengonsumsi makanan tinggi serat, minum banyak air, dan pertimbangkan untuk berolahraga ringan seperti berjalan.

Cara Mengatasi Keluhan Trimester Kedua

Apabila kamu mengalami gejala atau keluhan di atas selama memasuki kehamilan trimester kedua, maka tidak usah khawatir. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi keluhan trimester kedua yang bisa kamu lakukan: 

1. Mengatasi pembengkakan kaki 

  • Angkat kaki saat beristirahat, letakkan bantal di bawah kaki untuk meningkatkan aliran darah.
  • Kenakan sepatu yang nyaman dan hindari sepatu dengan hak tinggi.
  • Bergerak secara teratur untuk mempertahankan sirkulasi darah yang baik.

2. Mengatasi sakit punggung 

  • Pertimbangkan untuk mengikuti kelas prenatal yoga atau berenang untuk memperkuat otot punggung dan tubuh bagian bawah.
  • Gunakan bantal kehamilan untuk mendukung tubuh saat tidur.

3. Mengatasi varises

  • Kenakan stocking kompresi yang direkomendasikan oleh dokter.
  • Bergerak secara teratur untuk menjaga aliran darah dan hindari duduk atau berdiri terlalu lama.

4. Mengatasi asam refluks lambung 

  • Hindari makanan pedas, berlemak, dan asam.
  • Makan dalam porsi kecil dan hindari makan segera sebelum tidur.
  • Tiduran dengan kepala lebih tinggi atau gunakan bantal tambahan.

5. Mengatasi sembelit 

  • Konsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
  • Minum banyak air dan hindari minuman berkafein.
  • Berolahraga ringan seperti berjalan dapat membantu meredakan sembelit.

Tumbuh Kembang Janin Trimester Kedua

Pada awal trimester kedua, sekitar minggu ke-14, banyak organ vital janin telah terbentuk, dan saat ini mereka mulai berkembang dan berfungsi dengan lebih baik. Jantung janin berdetak lebih kuat, kelenjar keringat mulai bekerja, dan janin bahkan mulai merasakan sentuhan, meskipun kamu mungkin tidak merasakannya. Selain itu, pada trimester kedua, kamu dan pasangan juga bisa mengetahui jenis kelamin janin melalui pemeriksaan ultrasonografi.

Selain pertumbuhan organ, trimester kedua juga menandai fase ketika janin mulai bergerak aktif. Kamu akan mulai merasakan gerakan janin yang dikenal sebagai “tendangan bayi.” Ini adalah momen istimewa dalam perjalanan kehamilan karena kamu bisa merasakan interaksi dengan calon buah hati. Selama trimester kedua, janin juga mulai mengembangkan indra seperti penglihatan dan pendengaran. Janin dapat mendengar suara-suara dari luar dan merespons terhadap sentuhan.

Itulah beberapa informasi mengenai kehamilan trimester 2 yakni keluhan secara umum, cara mengatasinya dan tumbuh kembang janin. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.