Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

niat puasa ramadhan

Ramadhan, bulan suci dalam agama Islam, menjadi momen yang dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu ibadah yang sangat khas di bulan ini adalah puasa, yang dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan. Sebelum memulai puasa, umat Muslim membaca niat puasa. Artikel ini akan membahas bacaan niat puasa Ramadhan lengkap dengan arab, latin dan artinya.

1. Bacaan Niat Puasa Ramadhan

Niat puasa Ramadhan merupakan langkah awal dalam menjalankan ibadah puasa. Bacaan niat ini dilakukan setiap hari sebelum fajar, sebelum memulai puasa pada hari tersebut.

Berikut adalah bacaan niat puasa Ramadhan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin ‘an adaa’i fardi syahri Ramadhan hadzihis-sanati lillahi ta’ala.Artinya: “Aku niat puasa esok hari, untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

2. Pentingnya Niat Puasa

Niat puasa bukanlah sekadar rangkaian kata yang diucapkan tanpa makna. Melalui niat, seorang Muslim menyatakan kesungguhan dan kesadaran dalam melaksanakan perintah Allah. Niat juga membedakan antara puasa yang dijalani sebagai ibadah dan puasa yang sekadar menahan lapar dan haus. Dengan niat, puasa menjadi suatu tindakan ibadah yang penuh makna dan mendekatkan diri kepada Allah.

Tuntunan RasulullahRasulullah SAW memberikan tuntunan yang jelas terkait niat puasa. Beliau bersabda:”Barangsiapa tidak niat sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)Dari hadis ini, kita dapat memahami bahwa niat puasa harus dilakukan sebelum fajar, sebelum masuk waktu imsak dan dimulainya waktu puasa.

3. Makna Bacaan Niat Puasa Ramadhan

  • نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ (Nawaitu sauma ghadin): Aku niat puasa esok hari. Dengan kalimat ini, seseorang secara tegas menyatakan niatnya untuk melaksanakan puasa pada hari yang akan datang.
  • عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ (‘an adaa’i fardi syahri Ramadhan): Untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan. Pada bagian ini, niat ditekankan sebagai pelaksanaan kewajiban yang ditetapkan oleh Allah dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.
  • هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى (hadzihis-sanati lillahi ta’ala): Tahun ini, karena Allah Ta’ala. Bacaan ini menunjukkan bahwa niat puasa tidak semata-mata untuk kepentingan diri sendiri, melainkan sebagai bentuk ibadah kepada Allah yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan ketundukan.

4. Keutamaan Niat Puasa

Niat puasa memiliki keutamaan tersendiri dalam Islam. Dengan niat, puasa menjadi sah di sisi Allah, dan setiap amal perbuatan yang dilakukan dengan niat ikhlas akan mendapatkan pahala yang lebih besar. Keutamaan niat puasa juga memberikan dimensi spiritual dalam menjalani ibadah puasa, yang tidak hanya bersifat fisik tetapi juga menguatkan hubungan batiniah dengan Sang Pencipta.

Bacaan niat puasa Ramadhan adalah langkah awal yang sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa. Melalui niat, seorang Muslim menyatakan kesungguhan, kesadaran, dan ketundukan kepada Allah dalam melaksanakan perintah-Nya. Penting untuk diingat bahwa niat puasa harus dilakukan sebelum fajar, sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Dengan niat yang benar, setiap amal perbuatan selama bulan Ramadhan menjadi lebih bermakna dan mendekatkan diri kepada Allah.

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.