5 Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Mengatasi bau mulut

Bau mulut merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi saat kita berpuasa. Sebab, bau mulut tersebut bisa membuat orang lain akan merasa tidak nyaman saat berada di dekat kita. Bahkan, buruknya aroma bau mulut juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang yang mengalaminya. Untuk itu kamu perlu tahu cara mengatasi bau mulut saat berpuasa.

Ketika kamu sedang berpuasa, pastinya kondisi mulut akan terasa kering. Sebab, kondisi tersebutlah yang kemudian menjadi penyebab bau mulut terjadi. Nah, berikut adalah beberapa tips mengatasi bau mulut saat berpuasa yang recommended untuk kamu gunakan!

1. Sikat gigi

Terjadinya bau mulut pada saat berpuasa, disebabkan oleh penumpukan sisa makanan pada gigi kita. Oleh karena itu, cara mengatasinya pun dengan menggosok gigi. Pastikan juga, kamu menyikat gigi dengan cara yang benar.

Maka dari itu, gunakanlah sikat gigi yang berkualitas untuk menjangkau semua bagian mulut, terlebih di sela-sela gigi kamu. Sangat disarankan untuk menggosok gigi sesudah sahur sebelum adzan subuh kemudian setelah berbuka puasa. Dengan begitu, kamu bisa tetap nyaman berpuasa tanpa adanya bau mulut.

2. Memakai Obat Kumur

Tips selanjutnya, yaitu dengan cara berkumur memakai mouthwash. Sebab, cara tersebut dapat membuat nafas kamu menjadi segar dan bau mulut yang sebelumnya menyengat bisa hilang. Namun, jika kamu ingin hasil yang maksimal, pilihlah jenis obat kumur yang dapat membunuh bakteri di mulut. 

Dengan begitu, proses pembusukan dari sisa makanan yang menjadi bakteri bisa dicegah. Berkumur selama bulan puasa masih diperbolehkan, asalkan dilakukan setelah sahur, jika setelah itu hukumnya adalah makruh.

3. Membersihkan lidah

Lidah bisa menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut. Sebab, jika merasa nafas mengeluarkan bau tidak sedap, kamu pun bisa membersihkannya dengan alat khusus pembersih lidah.

Oleh karena itu, kamu pun tidak perlu memakai pasta gigi atau air kumur untuk membersihkan lidah. Akan tetapi, pastikan alat pembersih lidah selalu dalam keadaan higienis dan tidak ada bakteri yang menempel.

4. Mengobati penyakit gusi

Bau mulut juga bisa terjadi akibat penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis. Sehingga, menyebabkan aroma yang tidak sedap pun bisa muncul, karena adanya penumpukan bakteri di dasar gigi.

Jika kamu tidak ingin bau mulut yang tidak sedap semakin bertambah parah pada saat berpuasa, maka sebaiknya kamu segera mengobati masalah gusi yang menjadi penyebab bau mulut tadi.

5. Mengkonsumsi Buah-Buahan yang Memiliki Kandungan Vitamin C

Tips berikutnya untuk mengatasi bau mulut pada saat sedang berpuasa adalah, dengan cara mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti buah jeruk dan nanas, karena buah tersebut bisa meningkatkan produksi air liur di mulut. 

Pada saat, produksi air liur terjaga dengan baik, maka masalah mulut kering pun akan teratasi. Selain itu, air liur juga membantu membilas asam yang diproduksi oleh bakteri mulut, pada saat proses pembusukan makanan. Hasilnya pun, masalah bau mulut pada saat berpuasa bisa terkendalikan.

Dari sejumlah tips di atas, memang tidaklah 100% berhasil menjadikan bau mulut kamu wangi. Akan tetapi tips di atas bisa mengatasi bau mulut kamu agar tidak mengganggu kenyamanan baik diri sendiri terlebih orang lain. Lakukan tips di atas untuk membuat ibadah puasa kamu menjadi lebih nyaman!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.