Batu Street Food Festival 2023

BSFF 2023

Batu, adalah kota yang dikenal karena keindahan alamnya ini juga memiliki mahakarya kuliner yang tak kalah menawan. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai festival kuliner jalan paling dinantikan di tahun 2023, “Batu Street Food Festival 2023”. Bersiaplah untuk memasuki dunia indah rasa dan aroma, tempat keragaman kuliner lokal berpadu dengan pengetahuan dan pengalaman baru, serta memacu adrenalin penikmat makanan dari berbagai penjuru negeri. Mari kita jelajahi sejauh mana rasa dan petualangan bisa membawa kita dalam perayaan kuliner ini.

Batu Street Food Festival yang ke-6 2023 

Pada Jumat lalu (11/8), Balai Kota Among Tani Kota Batu bergemuruh dengan kegiatan meriah Batu Street Food Festival (BSFF) 2023 yang menampilkan keunikan baru. Festival yang biasanya menampilkan kuliner unik dengan harga terjangkau dan rasa bintang lima ini, berhasil mencetak rekor baru dengan Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) berkat pembuatan kue strudel sepanjang 780 meter.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengetengahkan bahwa BSFF merupakan acara yang harus dipertahankan dan dikembangkan. “Harapan kami adalah festival ini bisa mencapai tingkat nasional dan bahkan internasional,” jelasnya. Pada festival tahun ini, dia mengungkapkan rasa bangga atas sajian kuliner yang dihadirkan. Di samping itu, festival ini mengundang Veteran atau pejuang kemerdekaan nasional untuk menikmati sajian festival secara cuma-cuma sebagai bentuk penghargaan.

Fadjar Hutomo, Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), menyoroti peran kuliner sebagai salah satu dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang dapat berkontribusi hingga 40 persen terhadap pemasukan ekonomi. Kota Batu, menurutnya, tidak hanya unggul dalam keindahan alam, tetapi juga budaya yang tercermin dalam sajian kulinernya.

Di sisi yang lain, Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Arief As-Siddiq, merasa bangga dengan antusiasme masyarakat setempat. Dia menekankan bahwa pemecahan rekor Muri untuk strudel terpanjang sepanjang 780 meter menjadi prestasi lain dalam festival ini. “Angka 780 meter dipilih untuk merayakan HUT Ke-78 RI,” jelaskannya.

Untuk membuat strudel sepanjang itu, melibatkan 120 orang, termasuk 6 chef dan 60 siswa SMKN 1 Kota Batu, dengan waktu persiapan lebih dari satu minggu. “Kami mendapatkan sebanyak 520 kilogram apel secara gratis untuk acara ini,” ungkapnya.

Batu Street Food Festival, yang pertama kali diadakan pada tahun 2017, merupakan ciptaan PHRI Kota Batu. Pada tahun 2023, festival ini juga berhasil mencatatkan diri sebagai pencetak rekor Muri untuk strudel terpanjang. Dalam rangka event ini, PHRI berkolaborasi dengan Duta Petani Milenial dari Kementerian Pertanian. Ini merupakan salah satu dari 110 acara dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kemeriahan Batu Street Food Festival 

Festival yang semarak kemarin hanya dilaksanakan dalam 3 hari saja, selama 3 hari tersebut para pengunjung dapat menikmati berbagai macam aktivitas yang menarik seperti Fashion Street BSFF, Zumba Party, Kompetisi Memasak, Kompetisi Fashion Show, Penampilan Dance Cover, Tantangan Makan, Parade Baloga Carnival, Tarian Api, dan Live Music. Acara BSFF sendiri akan diakhiri dengan undian hadiah utama yang menarik.

Selain itu, Batu Street Food Festival juga dilengkapi dengan  para penampil lokal, termasuk Sanggar SKI & Jaya Klana Pesanggrahan, yang akan memberikan sentuhan budaya. Pukul 13.40 WIB, Chef Una, yang terkenal dari dunia kuliner Indonesia, juga akan tampil dalam demonstrasi Live Cooking. 

Jadi jika tahun ini kamu terlewat mengunjungi Batu Street Food Festival 2023, maka tahun depan kamu bisa datang untuk mencicipi kuliner-kuliner khas Batu ya! 

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.