10 Daftar Barang yang Wajib dipersiapkan Jelang Persalinan

persiapan jelang persalinan

Berdiri tepat di ambang batas kehidupan baru sebagai ibu dan ayah, tentunya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya adalah mempersiapkan barang kebutuhan yang wajib ada jelang persalinan. Tak ada yang ingin terburu-buru membeli perlengkapan saat detik-detik berharga berlangsung, sehingga mempersiapkan diri sedini mungkin adalah kunci agar segalanya berjalan dengan lancar. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 daftar barang yang wajib dipersiapkan jelang persalinan. Memastikan bahwa segala yang dibutuhkan tersedia dan siap pakai adalah kunci untuk mengurangi stres dan fokus pada kejadian ajaib yang akan datang. Simak lengkapnya di bawah ini!

1. Tas Persalinan 

Memilih tas persalinan yang tepat adalah langkah pertama untuk memastikan ibu memiliki semua yang dibutuhkan di tangan. Tas ini idealnya harus cukup besar untuk menampung semua barang bawaan namun masih mudah dibawa. Sebaiknya siapkan tas ini sejak trimester ketiga kehamilan, sehingga tidak perlu merasa cemas atau buru-buru saat tiba waktunya berangkat ke rumah sakit.

2. Pakaian Pasca Melahirkan 

Ibu akan membutuhkan pakaian yang nyaman dan mudah digunakan dan dilepas setelah proses persalinan. Hal ini sangat penting karena tubuh akan membutuhkan waktu untuk pulih. Pakaian harus longgar, ringan, dan mendukung proses menyusui. Jangan lupa juga membawa bra khusus menyusui dan pembalut pasca melahirkan.

3. Peralatan Mandi 

Walaupun rumah sakit biasanya menyediakan peralatan ini, membawa sendiri peralatan mandi akan membuat ibu merasa lebih nyaman. Sabun, shampoo, sikat gigi, dan pasta gigi adalah beberapa item dasar yang bisa dimasukkan ke tas. Jika kamu memiliki produk perawatan tubuh favorit, bawalah untuk membantu merasa lebih fresh dan rileks.

4. Baju dan Selimut Bayi 

Siapkan minimal tiga set baju untuk bayi baru lahir. Pilihlah baju yang mudah dipakai dan dilepas serta terbuat dari bahan yang lembut dan ramah kulit bayi. Selimut juga penting untuk menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat. Akan lebih baik jika Anda juga membawa mantel atau jaket tebal jika cuaca sedang dingin.

5. Perlengkapan Menyusui 

Perlengkapan ini sangat penting untuk memfasilitasi proses menyusui pertama. Baik itu bantal menyusui, bra khusus menyusui, atau even pompa ASI, penting untuk mempersiapkan semuanya dengan baik. Bila perlu, tambahkan krim puting untuk mencegah atau meredakan nyeri saat menyusui.

6. Makanan Ringan

Bawa makanan ringan favorit untuk dikonsumsi selama di rumah sakit. Makanan ringan ini bisa membantu menjaga energi dan membuat ibu merasa lebih baik. Pilihlah makanan yang sehat dan mudah disantap, seperti buah-buahan, yogurt, atau kacang-kacangan.

7. Alat Bantu Relaksasi 

Proses persalinan bisa menjadi pengalaman yang membuat stres, jadi memiliki barang-barang yang bisa membantu kamu rileks sangat penting. Buku favorit, musik, atau minyak esensial bisa menjadi pilihan.

8. Charger Handphone 

Mempertahankan komunikasi dengan kerabat atau suami adalah hal yang penting selama di rumah sakit, apalagi di tengah hiruk pikuk persalinan. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak melupakan charger handphone. Jika memungkinkan, bawa juga power bank sebagai cadangan.

9. Popok Bayi

Beberapa rumah sakit biasanya akan menyediakan popok, tetapi tidak ada salahnya membawa cadangan. Kamu tidak tahu berapa banyak yang akan dibutuhkan, dan membawa sendiri popok bisa mempercepat proses pergantian dan mengurangi kerepotan.

10. Dokumen Penting 

Identitas diri, kartu BPJS atau asuransi lain, akta nikah, serta buku KIA atau dokumentasi lain terkait kehamilan sangat penting untuk dibawa. Pastikan untuk mengecek kembali semua dokumen ini sebelum kamu berangkat ke rumah sakit. Selalu siapkan dokumen ini di tempat yang mudah dijangkau dan mudah diingat.

Itulah 10 daftar barang yang wajib dipersiapkan jelang persalinan. Sebaiknya disiapkan keperluannya dari jauh-jauh hari bisa 2 bulan sebelum persalinan dengan cara dicicil tiap-tiap barang yang diperlukan agar tidak ada yang terlupa. Selain itu persiapan mental juga harus dilakukan ya bun!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.