Syarat dan Cara Membuat NPWP Online 2024

cara membuat npwp online

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah identitas resmi yang diberikan kepada individu atau badan usaha sebagai wajib pajak di Indonesia. NPWP diperlukan untuk berbagai keperluan seperti pembayaran pajak, pembukaan rekening bank, dan transaksi keuangan lainnya. Dalam era digital seperti sekarang, proses pembuatan NPWP dapat dilakukan secara online, memudahkan masyarakat untuk mendapatkannya tanpa harus mengunjungi kantor pajak secara langsung. Berikut adalah syarat dan cara membuat NPWP secara online 2024.

Syarat membuat NPWP

Sebelum memulai proses pembuatan NPWP secara online, pastikan Anda memenuhi syarat-syarat berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Hanya WNI yang dapat membuat NPWP.

2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Anda harus memiliki NIK yang terdaftar dalam basis data Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) untuk memverifikasi identitas Anda.

3. Memiliki Email Aktif

Diperlukan alamat email aktif untuk menerima informasi dan konfirmasi terkait pembuatan NPWP.

4. Memiliki NPWP Orang Tua atau Wali (Bagi yang Belum Berusia 17 Tahun)

Jika Anda belum berusia 17 tahun, Anda memerlukan NPWP orang tua atau wali sebagai sponsor untuk pembuatan NPWP Anda.

5. Data Identitas Lengkap

Persiapkan data identitas lengkap seperti NIK, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat tinggal, serta nomor telepon yang aktif.

Cara Membuat NPWP Online

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat NPWP secara online pada tahun 2024:

1. Akses Situs Resmi DJP Online

Buka situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) di browser web Anda. Pastikan Anda mengakses situs yang sah dan terpercaya.

2. Pilih Layanan Pembuatan NPWP Online

Di laman utama situs DJP, cari dan pilih opsi atau layanan pembuatan NPWP online. Biasanya, layanan ini tersedia di bagian layanan atau e-forms.

3. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah memilih layanan pembuatan NPWP, Anda akan diarahkan ke formulir pendaftaran online. Isilah formulir tersebut dengan lengkap dan benar sesuai dengan data identitas Anda.

4. Unggah Dokumen Pendukung

Setelah mengisi formulir pendaftaran, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen pendukung seperti scan KTP, KK (Kartu Keluarga), atau dokumen lain yang diminta sesuai petunjuk.

5. Verifikasi Data

Sebelum mengirimkan permohonan, pastikan untuk memeriksa kembali data yang telah Anda isi. Pastikan tidak ada kesalahan atau ketidaksesuaian data.

6. Kirim Permohonan

Setelah yakin semua data sudah benar, kirimkan permohonan pembuatan NPWP Anda melalui sistem online tersebut.

7. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah mengirimkan permohonan, Anda perlu menunggu proses verifikasi dari pihak DJP. Biasanya, verifikasi dilakukan dalam waktu tertentu.

8. Terima NPWP

Jika permohonan Anda disetujui, Anda akan menerima NPWP melalui email atau bisa diunduh langsung dari portal DJP. Pastikan untuk menyimpan NPWP dengan aman.

Catatan Penting:

  • Pastikan untuk selalu mematuhi panduan dan petunjuk yang diberikan oleh sistem saat mengisi formulir dan mengunggah dokumen.
  • Periksa secara berkala email Anda untuk mendapatkan update terkait status permohonan NPWP Anda.
  • Jika terdapat kendala atau pertanyaan, Anda dapat menghubungi layanan bantuan yang disediakan oleh DJP.

Dengan proses pembuatan NPWP yang dapat dilakukan secara online, masyarakat diharapkan dapat lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan NPWP tanpa harus mengunjungi kantor pajak secara langsung. Pastikan untuk memenuhi semua syarat dan mengikuti langkah-langkah dengan benar agar proses pembuatan NPWP berjalan lancar.

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.