Persiapan Menjelang Idul Fitri yang Wajib Dilakukan!

idul fitri

Salah satu hal yang paling istimewa dan selalu dinantikan di bulan Ramadhan adalah perayaan Hari Raya Idul Fitri. Dalam menyambut hari kemenangan itu, kamu pasti sudah melakukan persiapan menjelang Idul Fitri. Mulai dari baju lebaran, aneka jajanan hingga angpao lebaran.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum hari raya lebaran, agar nantinya persiapan tidak ada yang terlewatkan. Nah, berikut ini ada beberapa persiapan menjelang Idul Fitri yang wajib kamu lakukan, agar nantinya momen hari raya dapat lebih bermakna dan berkesan.

1. Menunaikan Zakat Fitrah

Persiapan lebaran yang pertama dan harus kamu lakukan adalah menunaikan kewajiban untuk membayar zakat fitrah. Sebab, menunaikan zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat muslim di bulan Ramadhan atau sebelum hari Lebaran tiba. Pada umumnya, zakat fitrah yang wajib kamu bayarkan, harus berupa makanan pokok (beras). Kamu harus benar-benar menyiapkan hal yang satu ini karena hubungannya dalam hal ibadah.

2. Membersihkan Rumah

Persiapan menjelang Idul Fitri selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membersihkan rumah. Sebab, hari raya Idul Fitri merupakan sebuah momen untuk menjalin tali silaturahmi sesama kaum muslim, ataupun berkumpul bersama kerabat dan keluarga.

Oleh karena itu, apabila rumah kamu bersih dan rapi. Maka, rumah kamu pun dapat memberikan suasana yang lebih nyaman, dan berkesan saat digunakan untuk berkumpul di hari Lebaran. Sebenarnya membersihkan rumah tidak hanya menjelang lebaran. Akan tetapi setiap hari, agar rumah tetap bersih dan nyaman. Jika kamu melakukan hal ini tiap hari, maka bersih-bersih menjejakkan lebaran tidak terasa terlalu berat.

3. Mencuci Peralatan Ibadah

Mencuci peralatan ibadah juga merupakan persiapan yang sangat penting saat menjelang hari raya Idul Fitri. Karena, peralatan ibadah dan pakaian yang bersih, nantinya bisa membuat ibadah kamu menjadi lebih khusyuk dan juga nyaman.

Maka dari itu, pastikan kamu mencuci peralatan ibadah, misalnya seperti mukena, sajadah, sarung ataupun peci. Bahkan, Anda juga bisa mencuci peralatan ibadah tersebut, seminggu sebelum hari Raya Idul Fitri.

4. Menyiapkan Makanan khas atau Kue Lebaran

Berikutnya, hal yang tidak kalah penting ketika melakukan persiapan sebelum hari raya tiba adalah menyiapkan hidangan dan kue pada saat lebaran. Sebab, hari raya lebaran sangat identik dengan makanan yang khas, contohnya seperti ketupat, opor ayam, kue kering hingga rendang.

Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan hal tersebut sebelum momen hari lebaran tiba. Hal tersebut bertujuan, agar nantinya pada saat momen berkumpul dengan keluarga, kamu pun tidak perlu bingung lagi dalam menyuguhkan sebuah menu hidangan.

5. Hampers Lebaran

Persiapan lebaran berikutnya yang perlu kamu lakukan (tak wajib) adalah menyiapkan hampers atau bingkisan untuk diberikan ke orang terdekat sebelum hari raya. Mulai dari hampers bahan makanan pokok, baju, peralatan ibadah dan lain sebagainya.

6. Baju Lebaran

Persiapan yang satu ini tidaklah wajib, namun menjadi identik dilakukan saat menjelang Ramadhan. Jika kamu memiliki rezeki berlebih, tidak ada salahnya untuk membeli baju lebaran. Namun jika belum memiliki dana yang cukup, menggunakan baju seadanya juga diperbolehkan. Yang terpenting adalah pakaian bersih dan rapi.

7. Angpao Lebaran

Lebaran memang identik dengan angpao. Jika kamu salah satunya yang membagikan angpao, maka isi angpao alias uang harus dipersiapkan. Jika kamu belum memiliki kapasitas untuk bagi-bagi angpao maka ini juga tidak apa-apa.

Itulah persiapan menjelang Idul Fitri yang perlu kamu lakukan. Ini dikarenakan agar momen lebaran berkesan dan bermakna. Kamu bisa menggunakan persiapan tadi sebagai referensi untuk menyiapkan hari lebaran agar lebih baik lagi.

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.