Tren Konsep Pernikahan 2023

konsep pernikahan

Dalam pernikahan belakangan ini, banyak sekali calon pengantin yang mengusung tema simpel dengan mengikuti tema pernikahan di luar negeri. Ada yang memilih 100% pernikahan modern atau kebaratan ada juga pernikahan dengan dua konsep sekaligus yakni dengan tema modern juga dengan tema tadisional. Setiap calon pengantin pasti mempunyai konsep pernikahan masing-masing dan tentunya dengan budget yang berbeda-beda pula. Nah kali ini kita akan membahas beberapa tren konsep pernikahan 2023 dan mungkin bisa kalian jadikan referensi konsep pernikahan kalian nanti.

1. Undangan Virtual

Undangan Virtual

Undangan virtual makin booming dan diminati belakangan ini selain karna budget yang bisa lebih hemat karena tidak perlu mencetak undangan juga karena bisa menyampaikan undangan dengan cara yang lebih menarik dan lebih cepat tentunya. Kita tidak perlu lagi mencari alamat penerima undangan atau menitipkan pada kurir untuk sekedar mengirim kartu undangan. Selain itu di masa pandemi ini kita dibawa ke era yang semakin simpel cukup beberapa detik tanpa bertemu dengan penerima undangan cukup dengan beberapa detik saja undangan bisa sampai ke ponsel penerima undangan.

2. Pernikahan Bertema Modern

Pernikahan Bertema Modern

Belakangan semakin banyak calon pengantin yang mengusung tema pernikahan dengan konsep pernikahan modern misalnya ala-ala princess. Dengan balutan gaun mewah nan elegan dengan pengantin prianya mengenakan jas hitam dengan semua pernak perniknya layaknya pernikahan di negeri dongeng. Penikahan ini pun disempurnakan dengan dekorasi yang terlihat mewah dan megah dengan konsep Standing party . Konsep pernikahan ini biasanya digunakan oleh para artis, orang-orang ternama, dan para pejabat lainnya.

3. Pernikahan Bertema Tradisional

Pernikahan Bertema Tradisional

Tidak sedikit juga pasangan pengantin yang memilih konsep perniakahan tradisional dengan tema adat. Dengan alasan ingin mengenal adat istiadat dan melestarikan budaya setempat. Konsep pernikahan ini biasanya mengusung tema adat setempat misalnya untuk tema adat jawa biasanya ada tradisi yang namanya temu manten dimana pengantin pria dan wanita mengenakan pakaian adat bernuansa hitam dan warna keemasan. Dalam prosesi temu manten ini ada yang namanya dalang. Dalang ini yang akan membantu mengarahkanp engantin pria dan wanita dalam menyelesaikan prosesi ini . Ada pula yang namanya kembar mayang.

Adat penikahan Palembang ada yang namanya berasan. Prosesi ini sebelum adanya akad nikah. Berasan artinya musyawarah kedua belah pihak keluarga. Kemudian di acara pernikahan adat Palembang ini akan ada tarian pagar pengantin. Dimana mempelai wanita akan melakukan tarian pagar pengantin bersama para penari lainnya.

4. Pernikahan Bertema Tradisional Modern

Konsep pernikahan ini lebih ke memadukan konsep pernikahan adat dengan pernikahan modern. Calon pengantin menginginkan pernikahan yang megah dan mewah tapi tanpa meninggalkan budaya pernikahan setempat. Misalnya pernikahan dengan tema adat Jawa kemudian setelahnya berganti gaun dengan konsep pernikahan di negeri dongeng ala-ala princess untuk mempelai laki-lakinya mengenakan jas nan gagah.

Pernikahan Bertema Tradisional Modern

5. Pernikahan Bertema Romantic Garden

Tema pernikahan ini direkomendasikan bagi pasangan pengantin yang berencana menikah dengan konsep outdoor . Pernikahan dengan konsep ini memilih taman sebagai tempat acaranya namun bisa juga memilih lapangan yang cukup luas dengan dekorasi bunga-bunga dan ditambahkan lampu-lampu kecil yang menggantung akan menambah suasana romantis di dalam pesta.

Pernikahan Konsep Romantic Garden

6. Pernikahan di Pantai

Pernikahan di Pantai

Selain sebagai destinasi wisata pantai juga bisa dijadikan pilihan untuk mengadakan acara pernikahan. Dengan pemandangan pantai yang terbuka dan suasana yang nyaman ditambah dengan dekorasi yang mewah namun tetap natural. Akan membuat pernikahan tetap terlihat elegan dan mewah, dan pasti akan memanjakan mata para tamu undangan.

7. Intimate dan Minimalis

Seperti judulnya konsep pernikahan ini sama dengan pernikahan yang lain. Hanya saja pada konsep pernikahan ini tamu undangan terbatas hanya keluarga terdekat saja. Dengan total tamu undangan kurang dari 100. Selain agar fokus pada kualitas acara juga untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan terutama biaya konsumsi dalam acara pernikahan. Konsep pernikahannya pun serba minimalis dengan kapasitas tidak terlalu besar, tamu undangan yang sedikit, tidak banyak menggunakan ornamen dan acara pernikahan ini dinilai lebih hangat karena bisa memperkenalkan masing-masing keluarga dari dua belah pihak keluarga.

Pernikahan minimalis

Itulah tren konsep pernikahan 2023, Setiap pernikahan pada dasarnya pasti menginginkan rumah tangga yang bahagia dan selalu bisa menyelesaikan masalah apapun di dalam rumah tangganya kelak. Semoga apapun pilihan konsep pernikahanmu bahagiamu dan pasanganmu adalah yang paling terpenting. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.