Syarat dan Cara Membuat Kartu Keluarga (KK) Online 2024

cara membuat kartu keluarga

Kartu Keluarga (KK) merupakan dokumen resmi yang penting bagi setiap keluarga di Indonesia. KK berfungsi sebagai identitas keluarga yang mencakup data lengkap tentang anggota keluarga serta alamat tempat tinggal. Pada era digital seperti sekarang, pemerintah telah menyediakan layanan pembuatan KK secara online untuk memudahkan masyarakat. Berikut adalah panduan tentang syarat dan cara membuat Kartu Keluarga (KK) online 2024.

Syarat Membuat Kartu Keluarga (KK) Online

1. KTP Elektronik (e-KTP)

Setiap anggota keluarga yang akan dimasukkan ke dalam KK harus memiliki KTP Elektronik (e-KTP) yang masih berlaku. KTP ini akan digunakan sebagai identitas resmi dalam pembuatan KK.

2. Akses Internet

Pastikan Anda memiliki akses internet yang stabil dan cukup untuk melakukan proses pembuatan KK secara online. Penggunaan perangkat seperti laptop, komputer, atau smartphone juga diperlukan untuk mengakses portal layanan KK online.

3. Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Setiap anggota keluarga harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar dalam sistem kependudukan. NIK ini akan digunakan untuk mengidentifikasi anggota keluarga dalam proses pembuatan KK.

4. Data Keluarga Lengkap

Pastikan Anda memiliki data lengkap tentang anggota keluarga yang akan dimasukkan ke dalam KK, termasuk nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, hubungan keluarga, dan informasi lainnya yang diperlukan.

5. Alamat Tempat Tinggal yang Valid

Anda juga perlu menyediakan alamat tempat tinggal lengkap yang akan dicantumkan dalam KK. Pastikan alamat yang Anda berikan valid dan sesuai dengan informasi yang tertera pada KTP.

Cara Membuat Kartu Keluarga (KK) Online

1. Akses Portal Layanan KK Online

Langkah pertama adalah mengakses portal resmi layanan KK online yang disediakan oleh pemerintah. Anda dapat mengunjungi situs web resmi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) atau menggunakan aplikasi mobile resmi yang tersedia.

2. Pilih Layanan Pembuatan KK Online

Setelah mengakses portal atau aplikasi KK online, cari dan pilih layanan pembuatan KK online. Pastikan Anda memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya pembuatan KK baru atau perubahan data KK.

3. Login atau Daftar Akun

Jika Anda telah memiliki akun, masuklah ke akun Anda menggunakan username dan password yang sudah terdaftar. Namun, jika Anda belum memiliki akun, daftarlah terlebih dahulu dengan mengikuti prosedur pendaftaran yang tersedia.

4. Isi Formulir Online

Setelah masuk ke dalam akun, lengkapi formulir online yang tersedia dengan data lengkap tentang anggota keluarga dan alamat tempat tinggal. Pastikan untuk memeriksa kembali data yang Anda masukkan agar tidak terjadi kesalahan.

5. Unggah Dokumen Pendukung

Setelah mengisi formulir, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen pendukung seperti foto KTP dan foto anggota keluarga lainnya. Pastikan dokumen yang Anda unggah memiliki kualitas yang jelas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

6. Verifikasi Data

Setelah mengunggah dokumen, verifikasi kembali data yang telah Anda masukkan untuk memastikan kebenaran dan kevalidannya. Periksa kembali nama, NIK, dan informasi lainnya untuk menghindari kesalahan.

7. Pilih Metode Pengiriman

Pada langkah ini, pilih metode pengiriman KK, apakah Anda ingin mengambil langsung di kantor Dukcapil atau memilih pengiriman KK ke alamat Anda.

8. Pembayaran Biaya Administrasi

Jika ada biaya administrasi yang harus dibayarkan, lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang tersedia, seperti transfer bank atau pembayaran melalui aplikasi pembayaran online.

9. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah semua langkah selesai, tunggulah proses verifikasi dan validasi data yang dilakukan oleh pihak Dukcapil. Proses ini dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada kebijakan dan kondisi di kantor Dukcapil setempat.

10. Terima KK Baru

Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan menerima KK baru melalui pengiriman atau dapat mengambil langsung di kantor Dukcapil sesuai dengan pilihan yang Anda pilih sebelumnya.

Biaya Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Online

Biaya pembuatan KK online dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dari masing-masing Dukcapil daerah. Biasanya, biaya administrasi untuk pembuatan KK baru atau perubahan data KK akan dikenakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di wilayah Anda. Pastikan untuk mengetahui biaya yang harus dibayarkan sebelum melakukan proses pembuatan KK online.

Dengan memahami syarat dan cara membuatan Kartu Keluarga (KK) online 2024, Anda dapat melakukan proses ini dengan lebih mudah dan efisien. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan cermat dan mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan agar proses pembuatan KK dapat berjalan lancar.

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.