Bacaan Doa Sholat Dhuha, Sholat Tahajud, dan Sholat Istikharah Lengkap

Doa sholat dhuha

Sholat adalah salah satu ibadah utama dalam agama Islam yang memegang peranan penting dalam kehidupan seorang muslim. Di antara sholat-sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah Sholat Dhuha, Sholat Tahajud, dan Sholat Istikharah. Ketiga sholat sunnah ini memiliki keutamaan dan keberkahan tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Bagi yang ingin menunaikan sholat-sholat tersebut dengan penuh khusyu’ dan pahala, penting untuk mengenal bacaan doa yang sesuai dan memahaminya dengan baik. Berikut ini adalah bacaan doa Sholat Dhuha, Sholat Tahajud, dan Sholat Istikharah lengkap dalam bahasa Arab, Latin, beserta terjemahannya:

1. Doa Sholat Dhuha

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَللّٰهُمَّ بَكَّرْتَنِىْ مِنْ نُّوْرِكَ وَأَنْتَ قَدْرَتَنِىْ عَلٰى شُكْرِ نِعْمَتِكَ، اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَصْبَحْتُ مِنْكَ فِىْ نِعْمَةٍ وَعَافِيَةٍ وَسِتْرٍ، فَأَتِمَّ عَلَىَّ نِعْمَتَكَ وَعَافِيَتَكَ وَسِتْرَكَ فِىْ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ. اَللّٰهُمَّ مَا أَصْبَحَ بِىْ مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ بِأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ فَمِنْكَ وَحْدَكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ، فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ.

Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma bakkirtni min nurik, wa anta qadhartani ‘ala syukri ni’matik. Allahumma inni ashbaktu mink fi ni’matin wa ‘afiyatin wa sitrin, f-atimma ‘alayya ni’matak wa ‘afiyatak wa sitrak fi ad-dunya wal-akhirah. Allahumma ma ashbaha bii min ni’matin aw bi-ahadin min khalqik faminka wahdak, la syarika lak, falakal hamdu walakash-shukr.

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Ya Allah, Engkau telah memancarkan cahaya kepada diriku dan Engkaulah yang memberiku kemampuan untuk bersyukur atas nikmat-Mu. Ya Allah, aku telah memasuki waktu pagi dalam keadaan diberkahi, sehat, dan dalam lindungan-Mu, maka sempurnakanlah nikmat, kesehatan, dan perlindungan-Mu bagiku di dunia dan akhirat. Ya Allah, segala nikmat yang ada padaku pada pagi ini atau yang ada pada seorang pun dari makhluk-Mu adalah dari-Mu semata, tidak ada sekutu bagi-Mu. Maka bagi-Mu segala puji dan syukur.

2. Doa Sholat Tahajud

اللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ، لَا أُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ.

Allahumma inni a’udzu biridzak mink, wa bimu’afatik minaluqubatik, wa a’udzu bika mink, la uhsi thana’an ‘alaik, anta kama athnayta ‘ala nafsik.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari murka-Mu, dengan keselamatan-Mu dari siksaan-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari-Mu sendiri. Aku tidak mampu memuji-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri.

3. Doa Sholat Istikharah

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِىْ أَوْ قَالَ فِىْ عَاجِلِ أَمْرِىْ وَآجِلِهِ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِىْ أَوْ قَالَ فِىْ عَاجِلِ أَمْرِىْ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِىْ عَنْهُ، وَاقْدُرْ لِىْ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِىْ بِهٖ.

Allahumma inni astakhiruka bi’il mika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as’aluka min fadhlikal ‘azim, fa innaka taqdiru wa la aqdiru, wa ta’lamu wa la a’lamu, wa anta ‘allamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amra khairul li fi diini wa ma’ashi wa aqibati amri, faqdirhu li wa yassirhu li thumma barik li fihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amra syarrul li fi diini wa ma’ashi wa aqibati amri, fa’srifhu ‘anni wasrifni ‘anhu, waqdir liyal khaira haithu kana thumma ardini bihi.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku meminta keputusan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku meminta kekuatan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon kepada-Mu dari keagungan-Mu yang besar. Sungguh, Engkau mampu sedangkan aku tidak mampu, Engkau mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala hal yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini (sebutkan urusan Anda) adalah lebih baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhiratku, baik dalam masalah agama maupun urusan duniaku, maka tentukanlah untukku, permudahlah jalannya bagiku, dan berkahilah untukku dalam urusan itu. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini membawa keburukan bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhiratku, baik dalam masalah agama maupun urusan duniaku, maka jauhkanlah aku darinya dan jauhkanlah ia dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan di mana pun ia berada, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya.

Itulah bacaan doa sholat dhuha, sholat tahajud dan sholat istikharah. Dengan memahami dan membaca doa-doa tersebut dengan penuh khushu’ dan keyakinan, semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita pada jalan yang lurus dan memberikan keberkahan dalam setiap langkah hidup kita. Aamiin.

Bagikan:

Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
Picture of Nuria

Nuria

Hobi dan mencintai pekerjaan merupakan cara saya berkarya.
hi nuria

Hi, I'm Nuria

Website ini memulai perjalanan pada Juli 2021. Berfokus pada rumah, kreativitas, dan gaya hidup.

FYI
Blog ini berisi spanduk iklan berbayar dan beberapa posting berisi tautan afiliasi. Komisi kecil yang kami terima dari sponsor membantu menjaga situs ini tetap berjalan. Setiap posting yang disponsori dicatat dengan tag ‘disponsori’ di bawah judul posting. Namun, kami hanya menautkan ke produk yang sesuai dengan selera pribadi dan estetika kami.